LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

Jum’at, 15 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi, yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang LINDUNGI DIRI DARI PENIPUAN DI RUANG DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.
Teknologi internet menjadi bagian penting kehidupan sehari-hari yang membawa banyak perubahan besar. Dengan itu, keamanan dan keselamatan digital menjadi hal penting.

Menurut Virna Lim, sebagai Ketua Umum Sobat Cyber Indonesia, menjelaskan transformasi digital mendorong terjadinya perubahan struktural yang begitu cepat, jika tidak diimbangi maka dapat menimbulkan hal negatif dan kerugian bagi pengguna layanan aplikasi dan sosial media. Perlu diketahui kejahatan umum yang sering terjadi di ruang digital seperti ancaman online, peretasan dan penipuan, membeli barang ilegal, pembuatan profil palsu, dan persahabatan online palsu. Maka dari itu sebagai pengguna internet perlu adanya tindakan dan pecegahan yang dapat dilakukan seperti blokir profil dari pencarian publik, batasi siapa yang dapat menemukan pengguna dari pencarian online, jangan bagikan kredensial media sosial, jangan terima permintaan pertemenan dari orang yang tidak dikenal, jangan klik link yang mencurigakan, dan jaga pengaturan privasi profil media sosial. Adanya tindakan pencegahan tersebut bagi pengguna internet supaya lebih aman ketika berselancar di media sosial.

Selain pembahasan di atas perlu diketahui bahwa dunia maya banyak dipakai untuk keperluan komunikasi yang terkoneksi oleh internet yang tersebar diseluruh penjuru dunia secara interaktif. Ada keunggulan di dunia maya seperti mudah mendapatkan akses kemampuan yang dibutuhkan dan mudah mendapatkan informasi terkini. Meski begitu terdapat dampak negatif dari dunia maya berupa maraknya aksi kejahatan seperti cybercrime, cyberbulliying, dan cybersquatting. Ada beberapa cara mengatasi dari dampak negatif dari dunia maya di antaranya waspada ketika berselancar di dunia maya, luangkan waktu untuk berkegiatan fisik di luar ruangan, perbanyak komunikasi dalam keluarga maupun komunitas, dan bijak memanfaatkan dunia maya.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang