INFO

LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

Sabtu, 30 Oktober 2021, Jam 13.00 WIB
Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar MEMAHAMI PENTINGNYA MENJAGA KEAMANAN DI RUANG DIGITAL yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Dionysius Sentausa Web dan Mobile Developer menjelaskan keamanan digital atau cyber security adalah sebuah keamanan yang diaplikasikan pada teknologi informasi. Teknologi informasi yang dimaksud meliputi teknologi yang menyimpan, memanipulasi, atau memindahkan data, seperti komputer, jaringan data, dan seluruh perangkat yang terhubung dalam sebuah jaringan seperti router dan switch. Keamanan digital berfungsi untuk melindungi informasi dari terjadinya tindakan cyber-crime atau cyber-attack.

Tiwi Dewanti K., S.Pd sebagai Ketua Program Study SMK BPP Bandung dan Assesor BNSP mengatakan tips dan trik menghindari penipuan digital diantaranya adalah miliki password yang kuat dan aman di semua akun digital, pahami pentingnya merahasiakan kode OTP, jangan posting data pribadi ke media sosial, jangan sembarangan unduh aplikasi di ponsel maupun laptop, jaga kerahasiaan data, pastikan selalu log out setelah melakukan transaksi, wajib cek link URL dengan teliti saat online, wajib perhatikan alamat email, gunakan jaringan wifi atau VPN yang aman, jangan mudah tergiur tawaran hadiah atau diskon, rajin update sistem dan antin virus pada smartphone, lakukan unlink device atau hapus data di aplikasi gadget lama. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Ferry Beat sebagai Influencer dan Beatbox yang memberikan sharing session, di era digital ini kita harus memahami pentingnya menjaga keamanan di ruang digital dan diharapkan dapat memberikan dampak positif untuk semua orang.

Tinggalkan Balasan