LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

Sabtu, 30 Oktober 2021, Jam 13.00 WIB
Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar KEBEBASAN BEREKSPRESI DI DUNIA DIGITAL yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Kemerdekaan berekspresi merupakan salah satu hak fundamental yang diakui dalam sebuah negara hukum yang demokratis dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia. Salah satunya ialah negara Indonesia. Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 (UU ITE) tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Dengan adanya undang-undang ini, diharapkan ruang digital dapat menjadi lebih bersih, sehat, beretika, dan produktif. Saat ini kondisi internet di Indonesia bagai pisau bermata dua bagi penggunanya, terutama generasi Y, Z dan Alpha yang menjadi pengguna mayoritas internet, ujar Kartika Walupi, S.Psi Industrial Psychologist Candidate.

Mia Marcellina, S.Pd. sebagai Musisi atau Pekerja Seni (S1 Pend. Seni Musik UNJ) mengatakan cyber crime adalah suatu tindakan atau kejadian yang berkaitan dengan teknologi komputer, dimana seseorang mendapatkan keuntungan dengan merugikan pihak lain atau kejahatan teknologi informasi. Modus cyber crime biasanya cyber-attack terjadi karena ada seseorang yang ingin menganggu secara logika atau fisik sebuah sistem untuk menganggu kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informa.

Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Bemby Noor sebagai Influencer dan Producer yang memberikan sharing session, kebebasan berekspresi di dunia digital menjadi bijak dalam memanfaatkan dunia digital adalah tanggung jawab kita bersama. Tapi menjaga citra dirimu di dunia maya adalah tanggung jawabmu sendiri.

 

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang