LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

Jumat, 29 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB
Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.
Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar AMAN SAAT BELANJA ONLINE yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.
Sejak mewabahnya pandemic covid 19 dan masyarakat dihimbau untuk dirumah, kegiatan transaksi belanja online meningkat pesat. Salah satu yang membuat perkembangan transaksi online meningkat tajam adalah banyaknya program promo yang ditawarkan oleh perusahaan E-Commerce. Masyarakat pun lebih dituntut untuk menghindari keramaian, otomatis masyarakat cenderung memilih belanja secara online. Memahami cara aman saat belanja online, masih banyak kasus penipuan jualan online yang membuat masyarakat merugi, untuk itu salah satu perusahaan E-Commerce memberikan edukasi kepada para konsumennya dengan memanfaatkan beragam media baik itu di media sosial ataupun kolaborasi dengan pihak lain. Dan memilih E-Commerce yg terpercaya merupakan salah satu solusinya, menurut Miftah Khairoh, S.Sos sebagai Content Youtube (Influencer).
Diwkky Marsall Gitaris D’Masiv & Co-Founder Eksploitasi Positif Indonesia memaparkan tentang tips-tips aman belanja online, login saat menggunakan marketplace, gunakan fitur wishlist atau favorit, chat penjual untuk memastikan barang yang mau dibeli, baca dengan cermat Kebijakan dan deskripsi produk, waspada barang yang dijual murah, pilih cara pembayaran yang paling aman, simpan bukti transaksi, selalu gunakan Hp atau komputer milik sendiri, lihat review produk yang ingin dibeli, cari produk dengan rating baik dan sudah banyak terjual, baca ulasan produk dari customer, dan untuk barang bermerk beli di official store. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Tenny Clemenstine sebagai Youtuber dan Influencer yang memberikan sharing session, aman saat belanja online kita pun harus meneliti toko online atau penjual karena siapapun dapat menjadi penjual atau membuka toko online sehingga sangat penting untuk meneliti terlebih dahulu identitas dan reputasi mereka sebelum bertransaksi dengan mereka. Pastikan mereka mempunyai alamat dan nomer telpon yang dapat kita hubungi jika mengalami kendala saat bertransaksi. Kita juga dapat memeriksa ulasan atau penilaian di beberapa situs webnya.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang