LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA

Jumat, 3 September 2021, Pukul 14.00 WIB. Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi., dan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang KESIAPAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI TRANSFORMASI DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Menurut Mukromin Kaka sebagai ASN Kementerian Keuangan dan Founder @suksessaham.id, fungsi media sosial, meliputi memperluas interaksi sosial, menciptakan komunikasi dialogis, melakukan transformasi, membangun personal branding, serta sebagai media komunikasi. Tips bermedia sosial dengan bijak, antara lain jangan mudah terprovokasi dengan judul berita, bersikap kritis, memanfaatkanlah situs jejaring sosial secara baik dan benar, hindari menyebarkan kebohongan, SARA, hoax, serta menjadi warganet saling menghargai, ATM (Amati, Tiru & Modofikasi), dan sertakan sumber.

Rina Agustini, S.Pd sebagai Guru SMK ICB Cinta Wisata Bandung menambahkan, rekam jejak digital seseorang sangat mungkin untuk dilihat, dicuri, sampai diikuti orang lain. Apabila jejak yang ditinggalkan buruk, maka besar kemungkinan merugikan diri sendiri. Pikirkan dengan baik apa yang hendak disebar di internet untuk mencegah penyalahgunaan jejak digital di kemudian hari.  Segera cek kembali penelusuran internet yang pernah dilakukan. Jangan menunda waktu untuk menghapus jejak digital tersebut.

Manfaat dari dunia digital adalah bisa meningkatkan branding, memperluas koneksi, serta memperkuat bisnis. Literasi digital ini sangat mendukung, agar agar para pengguna jejaring lebih positif dalam bermedia sosial. Marilah bijak dalam menggunakan internet, agar Indonesia makin cakap digital. (*)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang