LITERASI DIGITAL KABUPATEN LABUHAN BATU – PROVINSI SUMATERA UTARA

Rabu, 20 Oktober 2021, Jam 13.00 WIB,
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu H. Edy Rahmayadi, yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang LITERASI DIGITAL BAGI TENAGA DIDIK DAN ANAK DIDIK DI ERA DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang drummer yang akan ikut berpartisipasi.

Di zaman revolusi industri keempat atau industri 4.0 tenaga pendidik dan anak didik harus mampu dan cakap memanfaatkan kemajuan teknologi, sehingga perlu adanya literasi digital di dunia pendidikan. Menurut Nurhayani, sebagai Kepala UPTD SMPN 5 Medang, menjelaskan bahwa era digital saat ini guru dan peserta didik dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi literasi digital yang harus dikembangkan. Literasi digital didefinisikan sebagai kemampuan memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai format dengan penekanan pada pemikiran kritis, bukan saja hanya keterampilan dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi.

Era revolusi industri 5.0 yang serba digital ini melahirkan sebuah literasi baru yakni literasi data, literasi manusia, dan literasi teknologi. Adapun prinsip-prinsip literasi digital berupa pemahaman, faktor sosial, dan ketergantungan. Di era digital, media sosial banyak digunakan untuk mempromosikan barang atau jasa, pembentukan opini, pencitraan terhadap figur atau kandidat. Oleh sebab itu, menggunakan bahasa di media sosial harus ada etika dan tata kramanya.

Selain itu, pentingnya juga digital skills bagi dunia pendidikan yakni mengoptimalkan keberhasilan pelaksanaan belajar online, mempercepat laju perkembangan literasi digital di Indonesia, dan mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dengan cara kolaboraktif. Hal itu didasari oleh faktor pendukung seperti sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta pemerintah, orang tua, dan masyarakat. Di masa pandemi saat ini belajar online menjadi hal penting di dunia pendidikan dengan aplikasi belajar online para pendidik bisa mendapatkan apa yang diingkan ketika belajar. Aplikasi belajar online merupakan suatu sistem yang dapat memfasilitasi siswa belajar lebih luas, lebih banyak, dan bervariasi. Melalui fasilitas yang disediakan, siswa dapat belajar kapan dan dimana saja tanpa terbatas oleh jarak, ruang dan waktu. (*)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang