LITERASI DIGITAL KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN – PROVINSI SUMATERA UTARA

Senin, 18 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB.
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi, yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang SOPAN DAN BERADAB DI MEDIA SOSIAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Sebagai pengguna internet harus bersikap sopan dan beradab di dunia digital karena nyatanya kesopanan di ruang digital ini bisa menentukan masa depan. Menurut Rahmad Hidayat, sebagai Aktifis dan Praktisi Bisnis, menjelaskan pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh. Sebagai pengguna internet yang sopan dan beradab perlu membentuk mindset yang produktif di media sosial seperti fokus pada solusi, bangun rutinitas yang sehat, bayangkan sesuatu yang besar, tak sempurna adalah anugerah, dan hargai waktu. Dibarengi hal tersebut para pengguna di media sosial harus mempunyai etika sopan dalam berinteraksi dengan pengguna sosial media laiinya, hindari ujaran kebencian karena dapat menimbulkan dampak negatif sesama pengguna. Selain itu, perlu tindakan berhenti membagikan dan berkomentar terhadap informasi yang belum jelas keberadaanya karena segala sesuatu jangan selalu di unggah yang mengumbar secara berlebihan.
Pentingnya menjaga etika dalam bersosial media karena menjaga nama baik pengguna, menghindari masalah yang tidak perlu, menjaga harga diri, dan meminimalisir resiko orang yang berniat jahat.

Ada cara keren bermain sosial media seperti ikuti akun dengan unggahan positif dan informatif, unggah konten yang baik dan bermanfaat, jangan mengikuti unggahan negatif, dan hindari komentar yang menyinggung orang lain. Banyak yang tidak sadar menghabiskan banyak waktu dengan scrolling dimedia sosial. Aktivitas ini sangat menghabiskan waktu tanpa ada manfaat yang jelas karena waktu bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang produktif akhirnya terbuang sia-sia. Sopan dan beradap dalam berjejaring di media sosial menjadi kunci karena itu bentuk cerminan kualitas diri.(*)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang