LITERASI DIGITAL KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN PROVINSI SUMATERA UTARA

Senin, 06 September 2021, Jam 13.00 WIB
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Tema besar webinar MEMAHAMI PENTINGNYA MENJAGA KEAMANAN DI RUANG DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang keamanan digital adalah suatu bentuk konsep dan upaya dalam memberikan perlindungan terhadap aset dan informasi digital yang dimiliki suatu individu dan kelompok.  Diibaratkan juga sebagai bentuk pertahanan diri perangkat yang berhubungan dengan akses digital baik perangkat lunak maupun keras karena akan selalu ada celah yang dapat dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab.

Penting menjaga keamanan digital untuk mencegah penyalahgunaan akses maupun pemanfaatan data dalam system teknologi informasi dari seseorang yang tidak memiliki hak untuk mengakses maupun memanfaatkan data dalam sistem tersebut. Ada beberapa alasan antara lain, mencegah potensi kerugian material, mengurangi resiko penyalahgunaan informasi, dan memperkecil peluang tindakan kriminal.

Cara menghindari ancaman keamanan di ruang digital dengan jaga etika dan tata bahasa, jangan asal posting konten, filter akun-akun yang diikuti, tak perlu detail mencantumkan informasi, protect your privacy, dan selalu waspada dan jangan langsung percaya. data-data pribadi yang harus dilindungi antara lain, kartu identitas, kartu elektronik atau perbankan, kode atau barcode, atribut sekolah anak,  atribut keamanan tempat kerja, permasalahan keluarga, foto anak tanpa pakaian atau keluarga sedang berenang, dan foto rumah dan isi rumah secara keseluruhan atau video yang memperlihatkan alur atau akses rumah, menurut Ersan Suria Pranoto BA Hons., M.Sc sebagai Dosen Luar Biasa Jurusan Perhotelan Akpar Enhaii Bandung. (*)

 

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang