LITERASI DIGITAL KABUPATEN LABUHAN BATU – SUMATERA UTARA

Rabu, 08 September 2021, Jam 09.00 WIB,
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi dan Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Tema besar webinar MELAWAN UJARAN KEBENCIAN DI DUNIA MAYA oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang beberapa etika yang harus di tanamkan pada keluarga atau anak dalam memanfaatkan media digital batasi, patuhi, kritis, diskusi dan nikmati semuanya harus dilakukan guna terhindar anak-anak kita dari hal-hal yang tidak di inginkan. Melawan ujaran kebencian dengan cara kritis mengakses , mengejar fungsional, beramsumsi kritis, membuat konten speech, membangun jejaring non-toxic, following situs-situs resmi, dan filtrasi super spread. Ketika kita menemukan ujaran kebencian di dunia maya yang harus kita lakukan adalah tidak memprovokasi, unfollow, filtrasi, introspeksi, melaporkan, mengingatkan, klarifikasi, menenangkan, dan no comment.

Cyberbullying atau bullying elektronik merupakan perilaku Bullying yang dilakukan melalui sarana elektronik seperti computer, hanphone, internet, website, chatting room, email, SMS, dan sebagainya. Biasanya ditunjukan untuk meneror korban dengan menggunakan tulisan, animasi, gambar, dan rekaman video atau film yang sifatnya mengintimidasi, menyakiti atau menyudutkan. Cara menghentikannya bisa melalui penegakan hukum dan memberikan perlindungan kepada korban.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang