LITERASI DIGITAL KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA – PROVINSI SUMATERA UTARA

Jumat, 22 Oktober 2021, Jam 14.00 WIB.
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Sumatera Utara yaitu H. Edy Rahmayadi yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang “MASYARAKAT DIGITAL” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Pati Perkasa menjelaskan Web Analytics adalah studi metodologis pola online/offline dan tren. Ini adalah teknik yang dapat digunakan untuk mengumpulkan, mengukur, laporan, dan menganalisis data situs web Anda. Kita membutuhkan Web Analytics untuk menilai tingkat keberhasilan situs web dan bisnis terkait. Menggunakan analisis web, kita bisa : Menilai masalah konten web sehingga dapat diperbaiki, Memantau arus lalu lintas dan pengguna web, Mengidentifikasi segmen pengunjung.

Menurut Ns. Prissandi Jeri Chan, S.Kep., M.Kes menjelaskan Era digital adalah masa ketika informasi mudah dan cepat diperoleh serta disebarluaskan menggunakan teknologi Digital. Digital Safety adalah Keamanan suatu sistem elektronika, untuk menjaga Semua Data agar terhindar dari tindak kejahatan. Privasi yaitu Privasi mengacu pada kebebasan informasi dari penggunanya untuk membatasi siapa saja yg bisa mengakses data pribadinya. Keamanan yaitu mengacu pada perlindungan kebebasan Data dari potensi yang tidak diinginkan.

Menurut Kamila Harahap, S.Pd menjelaskan Hoax adalah Suatu tindakan yang membuat sesuatu yang salah atau tidak masuk akal dapat dipercaya atau diterima sebagai sesuatu yang benar. Ciri-ciri Hoax yaitu : Sumber berita tidak dapat dipercaya, gambar atau video yang di pakai merupakan rekayasa, menggunakan kalimat provokatif, Menggunakan unsur politis dan sara. Bentuk berita hoax yang sering diterima : tulisan, gambar dan video.

Menurut Mizwar, S.E menjelaskan Santri Bukanlah Sekedar Sematan Kata Untuk Seorang Pelajar, Lebih Dari Itu Santri Sejatinya Generasi Yang Dipersiapkan Untuk Menjadi Pemimpin Yang Arif Bijaksana , Ekonomi Yang Handal , Penegak Hukum Yang Adil, Yang Hati Dan Jiwanya Terpaut Kepada Allah Subhanahu Wataala. Oleh Karenanya Menjadi Seorang Santri Adalah Sebuah Kebanggaan, Sebab Ilmu Yang Ia Dapatkan, Bukan Hanya Untuk Kebahagian Dunia, Melainkan Jaminan Kebahagian Akhirat. Dakwah/Terminologi adalah: Kegiatan Yang Bersifat Menyeru, Mengajak Dan Memanggil Orang Untuk Beriman Dan Taat Kepada Allah Sesuai Dengan Garis Aqidah, Syari’at Dan Akhlak Islam.
Diakhiri oleh Key Opinion Leader oleh Febri Dyta sebagai Influencer, Masyarakat digital adalah masyarakat yang struktur sosialnya adalah jaringan dengan mikro elektronik berbasis informasi digital dan teknologi komunikasi. Adanya teknologi digital sebetulnya bertujuan untuk efisiensi dan produktifitas manusia. Teknologi digital yang biasa kita temukan sehari-hari adalah smartphone (gawai) dan komputer. Hal ini juga salah satu contoh sisi positif dalam masyarakat digital, dimana interaksi menjadi mudah hingga dapat meningkatkan produktifas dalam keseharian. Namun, di era saat ini, tetap masyarakat digital harus selektif terhadap banyaknya arus interaksi yang terjadi.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang