LITERASI DIGITAL KABUPATEN MANDAILING NATAL – PROVINSI SUMATERA UTARA

Sabtu, 16 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang MENJADI CERDAS DI ERA DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Jangan asal klik di internet di media sosial, facebook, dan twitter, juga grup-grup percakapan whatsapp beredar informasi internet gratis dari pemerintah berupa informasi yang disertai dengan link yang berbeda-beda dalam setiap pesan yang beredar, namun dengan karakter url yang hampir sama. Saat mencoba, diharuskan meneruskan pesan ini kepada sejumlah kontak di whatsapp dan mengisi data-data pribadi seperti nomor ponsel, nik, dan nomor kartu keluarga. Yang harus dilakukan agar jangan asal klil di internet diantaranya, ada baiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu apa yang akan diakses ataupun diunggah jangan sampai terpengaruh oleh foto atau video yang tampilannya menarik. Saring sebelum membagikan, kelola dan amankan akun serta aset digital dengan baik, hindari transaksi finansial menggunakan wifi publik, tidak sembarang klik tautan, hati-hati berkomunikasi dengan orang yang tidak dikenal, dan hindari berperilaku buruk di internet, menurut Prima Lydia Yosophin Batubara, St sebagai Guru Produktif SMKN 1 Sipirok.

Tips internet sehat antara lain, aktifkan software parental control untuk memblokir situs berbahaya (khususnya bagi usia anak-remaja), membatasi waktu berinternet, tetapkan tujuan kamu berinternet, gunakan internet untuk mengembangkan potensi, literasi diri sendiri mengenai dunia digital, pahami dan lakukan etika berinternet, unduh yang sehat, unggah yang bermanfaat, menurut Setya Rahdiyatmi Kurnia Jatilinuar, M.Sn sebagai Dosen.

Key Opinion Leader oleh Azmy Zen sebagai Presenter mengatakan bahwa di era digital ini menjadi pengguna yang cerdas sangat penting untuk mampu memanfaatkan perangkat digital secara efektif untuk berbagai kebutuhan. Baik untuk segala kebutuhan sehari-hari, untuk kebutuhan belajar, maupun untuk kebutuhan berorganisasi.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang