INFO

LITERASI DIGITAL KABUPATEN MANDAILING – PROVINSI SUMATERA UTARA

Kamis, 30 September 2021, Jam 09.00 WIB,
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi, S.P dan Presiden RI  Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar BIJAK BERMEDIA DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Pembahasan tentang media sosial memberikan kebebasan para penggunanya. Tetapi bukan berarti bebas pula dalam beretika. Jaga selalu etika, sopan santun, dan selalu bersikap respect kepada teman, atau orang-orang yang terkoneksi diakun mediasosial kita. Hindari penggunaan kata-kata kasar, atau yang mengandung unsur SARA. Kita harus menyadari tiap akun dimedia sosial yang kita buat, bisa dilihat secara publik. Termasuk semua postingan didalamnya. Oleh karena itu, kita harus lebih bijak dalam memilih konten-konten sebelum diunggah di media sosial, menurut Yasmir Chaniago sebagai Wartawan Senior Sumut.

DR. H. Muhammad Fadlan Is, M.A Dosen PNS STAIN Mandailing Natal mengatakan kita saat ini masuk kepada era revolusi industry 4.0,era serba digital dalam segala hal, mulai dari urusan dapur, keuangan  sampai urusan pendidikan. Teknologi menawarkan fasilitas yang serba mudah dan memungkinkan.  Penulis adalah berprofesi sebagai pendidik atau dosen, saat ini kegiatan yang kami lakukan sudah berubah dari cara klasikal menjadi digital, pertemuan, rapat pembelajaran  di kelas sudah menggunakan virtual meeting dan memanfaatkan teknologi online.

Key Opinion Leader Jessica seorang Content Creator yang membagikan pengalamannya di era digital yang semakin canggih, semakin canggih pula kejahatan siber. Dalam akun mediasosial, jangan pernah mencantumkan informasi pribadi yang detail. Karena kita tidak pernah  ancaman-ancaman apa yang sedang sedang mengintai. Protect your privacy. (*)