LITERASI DIGITAL KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA – PROVINSI SUMATERA UTARA

Sabtu, 04 September 2021, Jam 13.00 WIB,
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar KETERAMPILAN DIGITAL YANG WAJIB DIKUASAI oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Pembahasan tentang literasi digital membuat kita sebagai pengguna market place harus memiliki keterampilan digital yang wajib dikuasai dan mengerti etika dalam market place. Contohnya: penjual memberikan informasi dan pelayanan yang benar dan lengkap dan pembeli memahami cara komunikasi dan membeli yang baik.

Marketplace juga memiliki artinya sendiri yaitu, sebuah website yang menghubungkan seorang penjual dengan pembeli melalui internet. Salah satu marketplace pertama di dunia yang mempopulerkan marketplace adalah eBay.  Di Indonesia, terdapat shopee dan Tokopedia sebagai marketplace terkenal yang banyak menjual berbagai jenis dan barang yang dijual oleh para toko atau pengecer, menurut Bagas Kurniawan sebagai Digital Economy Consultan, Peneliti SCI, dan Aktivis HMI.

Bukan hanya itu saja kita juga harus mengetahui tips aman belanja online di dunia digital atau media sosial adalah pastikan online shop atau marketplace dapat dipercaya, baca dengan teliti tentang kebijakan merchant, waspadai harga sangat murah, baca deskripsi produk, lakukan survey harga. Pilih juga cara membayar yang aman, membayar secara COD, simpan bukti transaksi, dan yang pastinya gunakan gadget pribadi, menurut Yudiana Indriastuti sebagai Koorprodi Pariwisata/Dosen. Meningkatkan keterampilan digital disaat ini sangat penting untuk mendukung diri kita mampu bertahan di era digital ini karena kedepan semua hal digital ini akan semakin berkembang. (*)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang