LITERASI DIGITAL KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA – PROVINSI SUMATERA UTARA

Senin, 18 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB.
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi, yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang MASYARAKAT DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Menjadi generasi cerdas di era masyarakat digital saat ini Indonesia mengalami perkembangan alat komunikasi digital yang begitu pesat seperti teknologi informasi dan komunikasi. Menurut Abdul Manan, sebagai Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Padang Lawas, menjelaskan masyarakat Indonesia merupakan masyarakat dengan tingkat keanekaragaman yang sangat kompleks. Masyarakat dengan berbagai keanekaragaman tersebut dikenal dengan istilah mayarakat multikultural. Namun, di era digital saat ini memanfaat teknologi dan internet membentuk cara berinteraksi sebagai sesama manusia. Karakteristik budaya digital sendiri dapat dijelaskan dengan jenis proses yang terlibat, jenis bentuk budaya yang muncul, dan jenis pengalaman yang dibawa. Maka, di saat seseorang terhubung dengan internet, sedikit banyaknya akan mengalami perubahan gaya hidup, baik disadari atau tidak. Perubahan tersebut misalnya pada komunikasi, transportasi, kegiatan ekonomi, pendidikan, hingga proses pengambilan keputusan melalui iklan dan reminder.

Sebagai masyarakat digital perlu memahami dampak negatif dari internet, salah satunya penipuan online yang sedang marak di Indonesia. Penipuan online merupakan layanan internet atau software dengan akses internet untuk menipu atau mengambil keuntungan dari korban, misal dengan mencuri informasi personal. Ada langkah-langkah cara menghindari dari penipuan online seperti tingkatkan kesadaran diri akan bahaya penipuan online, manfaatkan layanan internet sebaik-baiknya, jangan langsung terkecoh ketika mendapatkan penawaran yang menggiurkan, janga mudah percaya dengan orang yang baru dikenal di dunia maya, dan amankan perangkat. (*)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang