LITERASI DIGITAL KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA – PROVINSI SUMATERA UTARA

Rabu, 27 Oktober 2021, Jam 13.00 WIB.
Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4(empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

H. Edy Rahmayadi sebagai Gubernur Provinsi Sumatera Utara menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar KESIAPAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI TRANSFORMASI DIGITAL yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Transformasi digital adalah bagian dari proses teknologi yang lebih besar. Transformasi digital juga merupakan perubahan yang berhubungan dengan penerapan teknologi digital dalam semua aspek kehidupan dalam masyarakat. Transformasi digital telah memberi dampak pada interaksi sosial, apalagi semenjak pandemi segala sesuatunya dikerjakan dari rumah. Namun di satu sisi setiap individu tetap harus memiliki hubungan karena manusia merupakan makhluk sosial. Sehingga meski di rumah, tetap ada interaksi tapi polanya memang berbeda. Dari sikap yang ditunjukkan saat berinteraksi tatap muka pun sebanyak 5% menunjukan personaliti seseorang, sisahnya 95% yaitu karakter dan tempramen tidak begitu ditunjukan. Nah, terkait dengan transformasi digital hal ini berkaitan saat individu berinteraksi sosial melalui media sosial. Setiap orang pun akhirnya harus menyadari di balik media sosial sebenarnya yang dihadapi tetaplah manusia.

Literasi digital merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat – alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan memanfaatkannya, secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interasi dalam kehidupan sehari – hari, menurut Tetti Mahrani Pulungan, S.Pd. M.Pd sebagai Kepala SMKN 1 Batang Onang Padang Lawas Utara.

Rahmad Hidayat, S.Si., M.M sebagai Aktivis dan Praktisi Bisnis menuturkan, dampak positif internet antara lain, alat komunikasi, perpustakaan raksasa, media promosi dan publikasi, informasi yang murah, cepat, dan terkini, pertukaran data, dan media bisnis. Key Opinion Leader oleh Tya Yustia sebagai TV Presenter menambahkan, zaman dahulu masyarakat hanya menggunakan sms, telepon, atau bertatap muka secara langsung untuk berkomunikasi. Namun, di zaman sekarang hanya dengan menggunakan satu gadget saja sudah bisa menjangkau ke luar daerah atau luar negeri, sangat memudahkan dalam berkomunikasi.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang