LITERASI DIGITAL KABUPATEN PADANG SIDEMPUAN – PROVINSI SUMATERA UTARA

Selasa, 7 September 2021, Jam 09.00 WIB,
Saat ini terdapat jutaan warga pengguna internet di Indonesia, bahkan hampir seluruhnya pengguna media sosial. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera Utara di Padang Sidempuan. Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain BIJAK DIKOLOM KOMENTAR, YUK PAHAMI FITUR KEAMANAN DI BERBAGAI APLIKASI MEDIA SOSIAL, MENGENALKAN BUDAYA INDONESIA MELALUI LITERASI DIGITAL, dan BASIC DIGITAL SKILL FOR EMPLOYMENT TOOLS DAN TIPS.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi memberikan sambutan dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar tersebut membahas tentang BIJAK BERMEDIA DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpatisipasi .

Pembahasan tentang pengguna media sosial dalam bijak berkomentar untuk menghindari rasa sakit hati dengan kata-kata verbal sarkasme dari orang tertentu bisa menjadi cemas berlebih ketika harus berinteraksi dengannya. Sarkasme adalah cara seseorang mengungkapkan sindiran tajam kepada orang lain. Dampak terhadap komen sarkasme, yakni menimbulkan trauma, menyebabkan gangguan kesehatan jantung, dan sumber dosa jariyah.

Maka dari itu, kita harus menghadapi komen sarkasme dengan cara menghindar, tetap tenang, dan sampaikan kritik yang baik. Dalam bijak bermedia digital kita perlu kenal atau aktifkan fitur layanan media sosial, seperti gunakan aplikasi parental control untuk mengcontrol media sosial. Hal tersebut berguna untuk pengawasan situs website melakukan penapisan untuk situs-situs tertentu serta mengetahui situs apa saja yang dikunjungi oleh anak. Selain itu, terdapat mengaktifkan mode restricted di YouTube yang berguna untuk menyembunyikan video dengan konten yang dianggap tidak pantas. Terdapat juga cara pengaturan keamanan media sosial seperti facebook, whatsapp, dan instagram.

Tak hanya itu saja, terdapat juga basic digital skill yang didukung oleh super user Google. pengguna Google memaksimalkan penggunaan produk Google sehari-hari dengan menyediakan platform tempat pengguna dapat berinteraksi, bertukar informasi, dan mendukung satu sama lain. Menurut Kemkominfo digital skills adalah kemampuan individu dalam mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan piranti lunak TIK serta sistem operasi digital. Terdapat 6 basic digital skills seperti berkomunikasi, menemukan informasi dan konten yang tepat dan aman, bertransaksi dengan aman, problem solver, aman secara digital, dan update jejaring professional. Selain itu, ada tambahan pembahasan mengenai 5 keterampilan digital tingkat lanjut yang di cari di ekosistem digital Indonesia berupa digital product manager, data scientist, mobile develop, UI/UX designer, dan quality assurance. (*)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang