LITERASI DIGITAL KABUPATEN PEMATANGSIANTAR – PROVINSI SUMATERA UTARA

Kamis, 21 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB.
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu H. Edy Rahmayadi, yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang KIAT-KIAT MELAWAN HOAKS oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang presenter yang akan ikut berpartisipasi.

Secara umum hoaxs merupakan sebuah kebohongan atau informasi sesat yang sengaja disamarkan agar terlihat benar dan biasanya memainkan emosi masyarakat.

Menurut Muldri Pudamo James Pasaribu, sebagai Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Simalungun, menjelaskan bahwa hoax dibuat untuk mengubah keyakinan, sikap, atau persepsi orang, sehingga pada akhirnya akan mengubah perilaku mereka. Perlu diketahui ciri-ciri hoax yang kerap disebarkan seperti berisi pesan yang membuat rasa cemas atau panik kepada pembacanya, pengirim pesan hoax menggunakn akun palsu, dan selalu menghimbau untuk turut menyebarkan informasi.

Terdapat hukuman penyebaran hoax terancam pasal 28 ayat 1 Undang-Undang informasi dan transaksi elektronik atau UU ITE. Beredarnya informasi hoax dengan cepat di media sosial, tidak lepas dari rendahnya budaya baca masyarakat Indonesia dalam menyaring informasi yang beredar di dunia maya.
Rendahnya budaya membaca, menyebabkan konsumen Indonesia lebih mudah menerima konten online ketimbang mencari faktanya. Bahkan, lebih dari 50 persen masyarakat Indonesia yang aktif di media sosial, dengan senang hati mempercayai informasi yang mereka peroleh ketimbang mencari tau kebenarannya. Terdapat bahaya berita hoaks yang dapat merugikan diri sendiri seperti persepsi negatif dengan memanipulasi alam pikiran, opini negatif yang menimbulkan ketidakpercayaan, provokasi untuk membangkitkan emosi, dan menyulut kebencian dengan hasutan kepada orang banyak. Untuk melawan hal tersebut agar tidak terjadi pada diri sendiri perlu ada tindakan mencegah yang bisa dilakukan seperti menghentikan penyebaran berita hoax dengan tidak menyebar luaskan berita hoax tersebut dan buat konten-konten baik agar berita hoax tersebut hilang dari peredaran.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang