LITERASI DIGITAL KABUPATEN SIBOLGA – PROVINSI SUMATERA UTARA

Kamis, 02 September 2021, Jam 09.00 WIB,
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi dan Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Tema besar webinar LINDUNGI DIRI DARI PENIPUAN DI RUANG DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Pembahasan tentang penipuan online memiliki istilah Online fraud, Internet Fraud, Internet Scams, dan lainnya. Penggunaan layanan internet atau software dengan akses internet untuk menipu atau mengambil keuntungan dari korban, misalnya dengan mencuri informasi atau identitas personal. Melibatkan penyembunyian informasi atau memberikan informasi yang tidak benar dengan tujuan menipu korban untuk mendapatkan kentungan, seperti uang, properti, warisan, dan lain-lain. Layanan internet atau online dan perangkat lunak digunakan untuk memperdayai korban atau melakukan transaksi penipuan, melalui fasilitas chat, media sosial, email, website, dan lain-lain. Korban secara sukarela dan sadar memberikan informasi, uang atau harta benda kepada pelaku. Jenis penipuan online antara lain, lowongan pekerjaan palsu, menyamar sebagai orang lain dengan menggunakan identitas orang lain, penipuan asmara, meretas akun facebook, dan pencucian uang.

Agar aman dari penipuan internet ialah tenang jangan terlalu bahagia dan jangan terlalu panik. Manusia menjadi lemah dan mudah ditipu ketika dibuat terlalu bahagia atau panik. Kritis dan Skeptis jangan mudah percaya dengan janji, misalnya mendapatkan uang dengan cepat dan mudah. Cek, re-cek, kroscek. Verifikasi! Jangan buka email, link, atau pesan dari seseorang yang tidak dikenal. Waspada dengan link atau perintah download. Biasanya ini pintu masuk untuk mengakses akun Anda. Jaga informasi pribadi Anda, terutama email dan nomor Handphone. Jangan dicantumkan di media sosial. Cara melindungi diri dari pencurian identitas antara lain, jangan mudah memberikan informasi diri kepada orang lain, merobek terlebih dahulu lembar apapun dari bank, jangan tulis password atau pin di kertas, dan jangan berikan nomor kartu kredit kepada orang lain.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang