LITERASI DIGITAL KABUPATEN SIMALUNGUN – PROVINSI SUMATERA UTARA

Sabtu, 16 Oktober 2021, Jam 13.00 WIB
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang KETERAMPILAN DIGITAL DI ERA PANDEMI oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Skill yang dibutuhkan untuk era yang semakin serba digital pertama adalah berkomunikasi secara professional lewat social media. Pada penerapannya, sosial media memang banyak digunakan untuk beberapa hal yang penting, mulai dari pekerjaan, dan lain-lain. Terlebih lagi, hampir semua profesi yang akan kamu jalani nantinya akan berhubungan dengan social media. Yang berikutnya dalam skill yang dibutuhkan yaitu mampu mengoperasikan gadget dan laptop dengan baik. Metode mengoperassikan gadget dan laptop memang menjadi hal yang penting agar pekerjaan atau task bisa dilakukan lebih cepat. Terakhir adalah kemampuan marketing dan promosi yang perlu dilakukan lewat internet. Promosi sudah tidak dilakukan lewat poster, baliho, dan cara-cara tradisional lainnya. Sekarang, promosi lewat internet adalah sesuatu yang sedang booming. Jadi inilah yang perlu dipelajari dengan serius.
Dionysius Sentausa sebagai COO Bicara Project menuturkan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditunjukkan oleh mesin.

AI sering diartikan sebagai bidang studi dari intelligent agents. Sebuah sistem yang memahami lingkungannya dan mengambil tindakan yang dapat memaksimalkan peluang dalam mencapai tujuan. Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, dan membuat informasi, menurut Dr. Rohdearni Wati Sipayung, S.Pd., M.Hum sebagai Sekretaris BPM Universitas Simalungun.

Key Opinion Leader oleh Ana Livian sebagai Mom Influencer menambahkan, bahwa di zaman yang serba canggih ini, segala sesuatunya dapat kita nikmati dan kita lihat melalui gadget. Tapi agar kita bisa bersaing dengan yang lain kita juga harus memiliki keterampilan dalam menggunakan internet atau media sosial. Jangan sampai kita tertinggal dan terlambat untuk mengikuti zaman yang serba canggih ini. (*)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang