LITERASI DIGITAL KABUPATEN SIMALUNGUN – PROVINSI SUMATERA UTARA

Rabu, 27 Oktober 2021, Jam 13.00 WIB.
Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

H. Edy Rahmayadi sebagai Gubernur Provinsi Sumatera Utara menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar TIPS MENJADI SULTAN DI ERA DIGITAL yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Untuk menjadi sultan di era digital kita bisa melakukan investasi. Investasi adalah upaya menanamkan modal atau dana dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan (return) di masa mendatang. Jenis investasi Secara umum, ada dua jenis investasi yakni investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Ada pun jenis investasi reksadana yaitu suatu wadah tempat menghimpun dana dari investor yang akan dikelola manajer investasi untuk disalurkan atau diinvestasikan ke suatu portofolio efek dan emas merupakan salah satu jenis investasi online yang aman dan minim resiko, ada beberapa platform yang bisa digunakan untuk investasi emas diantaranya, bukaemas, pegadaian, tokopedia Emas, dan lain-lain.

Hal yang harus diwaspadai jika investasi online yaitu memilih investasi online yang tepat, menilai kredibilitas broker, memahami skema investasi online, dan memahami tingkat risiko investasi online, menurut Febby Mardian Eddy, Amd, Par sebagai Ketua Program Study Akomodasi Perhotelan SMK BPP Bandung.

Kevin Sutedja, S.Ikom., M.Sc sebagai Strategic Marketing Specialist menuturkan, kita juga bisa membuka UMKM. Jenis-jenis UMKM diantaranya, usaha makanan, usaha fashion, dan usaha agribisnis. Beberapa tips untuk UMKM yaitu, susun taktik pemasaran digitial bisa dengan menggunakan digital ads atau media sosial, beralih dalam marketplace dan e-commerce melakukan belanja online nyatanya sebagai pilihan favorit konsumen buat memenuhi hasrat dan kebutuhan pada masa social distancing ini, dan manfaatkan layanan pesan antar yang menjadi primadona pada usaha UMKM bidang kuliner.

Key Opinion Leader oleh Dio Hapsari sebagai Influencer menambahkan, media sosial dapat dimanfaatkan sebagai bisnis, terutama yang sedang digandrungi saat ini adalah aplikasi tiktok dan instagram. Kita bisa dengan mudah menjadi influencer atau selebram dan memulai bisnis lainnya di instagram atau tiktok. Kita juga bisa menyebarluaskan usaha kita melalui media sosial tersebut dengan cepat.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang