LITERASI DIGITAL KABUPATEN SIMALUNGUN PROVINSI SUMATERA UTARA


Jumat, 3 September 2021, Jam 14.00 WIB.
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi., dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang KEBEBASAN BEREKSPRESI DI DUNIA DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Ruang digital merupakan sarana kebebasan berekspresi namun terdapat batas kebebasan yang bertanggung jawab. Batasan kebebasan tersebut harus bertanggung jawab, tidak boleh melanggar hak, apalagi kebebasan berekspresi tersebut terbukti melukai orang lain. Batasan kebebasan yang bertanggung jawab, sehubungan dengan sarana kebebasan berekspresi dalam media komunikasi seseorang berkembang dengan cepat. Sehingga, tak jarang menimbulkan efek negatif seperti penyebaran informasi hoax, hingga penipuan. Tips untuk mengatasi hal tersebut dengan cara tidak memberikan informasi pribadi kepada orang tidak dikenal, usahakan untuk selalu menggunakan mode privasi di media sosial, lakukan pencarian informasi dengan sumber yang aman, serta selalu berhati-hati dengan apa yang diunggah.

Menurut Sariayu Sibarani, S.Pd., M.Pd (Dosen FKIP UNITA), beberapa langkah bijak agar seseorang tidak sembarang berkomentar di ranah digital, antara lain harus membaca dan mengetahui keseluruhan konten, pastikan tidak berasumsi dan memahami isi terlebih dahulu, tidak melakukan ujaran kebencian, serta berpikir sebelum mengunggah atau mengkomentari sesuatu. Jadilah komentator yang bijak memberi kritik dan saran yang membangun.

Dr. Sisca Armawati Sufa, S.Sos., M.I.Kom (Dosen dan Praktisi PR), menambahkan menjadi pengguna media sosial yang positif, aman, dan kreatif dengan cara fokuslah untuk mengakses dan membagikan konten positif yang membuat diri lebih baik setiap harinya serta selalu perbarui dan memanfaatkan fitur yang ada di internet semaksimal mungkin untuk berkarya dan menyampaikan informasi sesuai dengan kebenarannya. (*)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang