LITERASI DIGITAL KABUPATEN TAPANULI SELATAN – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN TAPANULI SELATAN – PROVINSI SUMATERA UTARA

Jum’at, 29 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB
Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.
Gubernur Provinsi Sumatera Utara, yaitu H. Edy Rahmayadi., menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar DAMPAK POSITIF BERMEDIA SOSIAL yang dipaparkan oleh para narasumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.
Sulaiman Saleh Harahap, S.Kom., menjelaskan manfaat media sosial, meliputi berkomunikasi lebih mudah, akses informasi lebih terbuka, waktu lebih singkat, jarak bukan kendala, serta alat promosi dan publikasi. Media sosial dalam demokrasi, bermanfaat sebagai ruang komunikasi, interaksi, dan informasi, memperkuat demokrasi dan kualitasnya. Media sosial juga dapat dimanfaatkan untuk membuat karya. Menurut Aprilia Sri Wahyuni Siregar, S.Pd., etika dalam berkarya, antara lain baik dalam berkomunikasi, hindari penyebaran SARA, pornografi dan aksi kekerasan, kroscek kebenaran berita, menghargai hasil karya orang lain, serta jangan terlalu mengumbar informasi pribadi. Masyarakat juga harus menghargai karya atau konten orang lain di media sosial.
Etika yang harus dilakukan jika menemukan karya atau konten orang lain di media sosial, antara lain berikan komentar positif sewajarnya, pastikan konten yang dibuat oleh orang itu benar atau hoaks sebelum membagikannya, apabila ingin membagikan atau menggunakan karyanya, jangan lupa untuk meminta izin kepada pembuatnya. Serta tidak menjiplak atau membajak karya orang lain untuk dijadikan sebagai karya sendiri. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Bemby Noor sebagai Influencer dan Komposer yang memberikan sharing session, mengenai gunakan media sosial untuk hal yang positif dan bermanfaat bagi diri sendiri serta orang lain. Jika ingin berkarya di media sosial, masyrakat harus mengetahui etikanya terlebih dahulu dan cara menghargai karya atau konten orang lain. Jangan sampai media sosial membawamu ke ranah hukum akibat tindakan yang negatif dan dapat merugikan diri sendiri serta orang lain.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang