LITERASI DIGITAL KABUPATEN TAPANULI SELATAN – PROVINSI SUMATERA UTARA

Senin, 25 Oktober 2021, Jam 13.00 WIB.
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu H. Edy Rahmayadi, yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN WAWASAN KEBANGSAAN oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang musisi yang akan ikut berpartisipasi.
Dalam literasi digital memiliki peran yang cukup strategis dalam meningkatkan wawasan kebangsaan.

Menurut Dhyah Lestianingtyas, sebagai Guru Produktif SMKN 1 Padangsidimpuan, menjelaskan bahwa dalam kehidupan modern, arus globalisasi dapat membantu perkembangan sebuah negara. Namun, dapat juga berdampak negatif jika masyarakat tidak memiliki wawasan kebangsaan yang cukup. Wawasan kebangsaan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air pemuda Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi. Wawasan Kebangsaan merupakan pemahaman masyarakat mengenai jati diri bangsanya dalam mendayagunakan segala potensi negeri untuk mencapai cita-cita dan kepentingan nasional. Berikut pemuda Indonesia yang memiliki karakter wawasan kebangsaan seperti menghargai harkat martabat sesama manusia, menjalin tekad bersama sebagai bangsa merdeka, mendambakan masyarakat adil, mencintai seluruh budaya tanah air, menjunjung tinggi demokrasi, dan menjalin kesetiakawanan.

Budaya digital menjadi kemampuan individu secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif dalam membaca, menguraikan, membiasakan, memeriksa, dan membangun wawasan kebangsaan, nilai Pancasila, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat cakap digital memaknai wawasan kebangsaan dalam budaya digital yang sepatutnya bangga memiliki Pancasila yang lengkap mengandung nilai luhur. Dalam hal tersebut maka bertautan dengan wawasan kebangsaan kebebasan belajar dan berinovasi dengan mandiri dan kreatif yang mampu menciptakan pendidikan yang menyenangkan, tidak hanya aspek pengetahuan dan keterampilan akan tetapi juga aspek pengembangan karakter sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang