LITERASI DIGITAL KABUPATEN TAPANULI SELATAN PROVINSI SUMATERA UTARA 

Kamis, 16 September 2021, Jam 13.00 WIB
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar LINDUNGI DIRI DI DUNIA DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang ruang digital adalah suatu penggambaran keadaan atau situasi yang menggunakan teknologi elektronik yang mampu menyimpan, menghasilkan, serta memproses atau menyebarluaskan informasi dengan tanpa batasan. Dampak positif dunia digital informasi yang murah, cepat dan terkini, alat komunikasi, perpustakaan raksasa, media promosi dan publikasi, reduksi biaya kertas dan distribusi, pertukaran data, dan media bisnis. Adapun dampak negatif duni digital ialah menyediakan dan menyebarkan informasi palsu yang tanpa diketahui atau diselidiki kebenarannya alias hoaks, kemudahan untuk mengakses pornografi, pembuatan dan penyebaran konten ilegal, timbulnya cyber crime, menurut Rahmad Hidayat, S.Si., M.M.

sebagai Aktifis dan Praktisi Bisnis.
Tips antisipasi cyber crime periksa kembali link, lihat format HTTPS, jika mecurigakan silakan cek link di https://transparencyreport. google.com/safe-browsing/search?url=, percayakan pada browser pilihan, periksa banyaknya iklan di situs tersebut, jangan asal klik di internet, jika terlanjur mengklik link tautan mencurigakan segera tutup jendelanya, jangan mengizinkan notifikasi jika terlanjur mengkliknya, lakukan pembaharuan sistem operasi ke versi terbaru, gunakan antivirus berlisensi, gunakan keamanan verifikasi dua langkah terhadap akun media sosial, dan pasang software keamanan jaringan pada komputer server seperti mengaktifkan firewall. (*)

 

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang