LITERASI DIGITAL KABUPATEN TEBING TINGGI – PROVINSI SUMATERA UTARA

Senin, 11 Oktober 2021, Jam 13.00 WIB
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Tema besar webinar DAMPAK POSITIF BERMEDIA SOSIAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Media sosial merupakan salah satu aktivitas online favorit yang digunakan oleh publik hampir setiap hari. Menurut artikel yang ditulis oleh Davidson pada Tahun 2015, pengguna internet menghabiskan sekitar satu jam 40 menit perhari di situs sosial internet.
Di era digital ini, hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakan media sosial dalam setiap aktifitasnya sehari hari. Terdapat dampak positif dari media sosial antara lain, memudahkan dalam berkomunikasi karena saat ini kita banyak menjumpai aplikasi mengirim pesan, telepon, atau video call. Memudahkan dalam mencari informasi, sebelumnya untuk mencari informasi menggunakan waktu yang cukup lama, tapi sekarang bisa menggunakan media sosial untuk mencari informasi.

Kemudian sebagai sarana hiburan, di era pandemi ini kebanyakan orang menghabiskan waktunya di rumah saja, maka dari itu konten-konten hiburan banyak sekali di media sosial, untuk mengusir kebosanan selama di rumah. Setelah itu sebagai sarana pembelajaran, kita bisa menemukan berbagai macam pengetahuan di media sosial. Hal sebelumnya belum kita ketahui bisa dengan mudah kita dapatkan melalui sosial media.

Ada pun cara bijak dalam menggunakan media sosial diantaranya, gunakan sesuai kebutuhan atau sesuai dengan porsinya, jaga sikap dan etika dengan belajar menghargai pendapat orang lain dan mengunggah sesuatu yang tidak menimbulan ke ributan, dan manfaatkan media sosial semaksimal mungkin, menurut Ir. H. Oki Doni Siregar, MM sebagai Wakil Walikota Tebing Tinggi.

Selain itu, terdapat pula kebiasaan buruk netizen dalam ruang digital yaitu, kurang cakap digital, kurangnya etika dalam media sosial, dan reproduksi teks digitalisasi yang salah, menurut Ryan Taufika, S.Pd.,M.Pd sebagai Dosen/Ka.Prodi PPKn UMSU.

Key Opinion Leader oleh Inta Oceania sebagai Presenter, Musician, dan Vlogger menambahkan, bahwa banyak sekali pengetahuan dan hal positif yang bisa kita dapatnya di dalam ruang digital. Segalanya dipermudah dengan kemajuan teknologi dan juga kita bisa menyebarkan informasi penting dengan mudah dan cepat.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang