LITERASI DIGITAL KABUPATEN TOBA – PROVINSI SUMATERA UTARA

Sabtu, 04 September 2021, Jam 13.00 WIB,
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar BIJAK BERETIKA DI INTERNET oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Pembahasan tentang positif, kreatif, dan aman di internet. pastikan kita aman di ruang digital, hindari berprilaku negatif sebagai pengguna internet, hindari penggunaan wifii gratis, kelola dan amankan akun serta aset digital dengan yang baik, dan saring sebelum sharing. Selain itu pilihlah konten-konten yang baik untuk dikonsumsi, waspada virus malware, spyware, dan adware. Tidak mengunduh sembarang file dan memasang Anti virus. Membatasi informasi pribadi dan keluarga. Tidak mengakses konten ilegal, seperti pornografi, perjudiaan, dan SARA. Berprilaku sopan dan santun, menghindari emosi negatif dan mencurahkan emosi positif, dan menghindari berita hoax, profokatif, dan SARA.

Ada pula hal yang harus diperhatikan agar terhindar dari hal negatif yang tidak diinginkan antara lain, jangan asal Clik di internet, check and recheck, cari tau terlebih dahulu apa yang akan diklik dan diakses, jangan sampai terpengaruh dengan gambar, video, dan tulisan menarik, padahal konten atau laman itu berisi malware, spyware, dan adware. Stabilkan emosi Hindari menggunakan media sosial saat sedang emosi dan stress. Ketika sedang marah dan stres, biasanya kita sudah tidak berpikir normal cenderung mencari pelampiasan ke arah yang negatif. (*)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang