LITERASI DIGITAL KABUPATEN TOBA – PROVINSI SUMATERA UTARA

Jum’at, 15 Oktober 2021, Jam 14.00 WIB
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi, yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang MASYARAKAT DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.
Menjadi generasi cerdas di era masyarakat digital saat ini Indonesia mengalami perkembangan alat komunikasi digital yang begitu pesat seperti teknologi informasi dan komunikasi.

Menurut Auliya Rosiana, sebagai Dosen Universitas Sarjana Wiyata Tamansiswa, menjelaskan sebagai masyarakat digital perlu memiliki ilmu dan pengetahuan di ruang digital untuk memanfaatkan tekonologi informasi. Masyarakat memiliki kesempatan yang sama dalam mengakses serta menjadi pelaku e-commerce. Bahkan perangkat hukum dan kebijakan mendukung keamanan e-commerce yang mencakup technology neutrality, transparansi dan konsistensi internasional telah ada saat ini. Pelaku bisnis e-commerce lokal terutama pelaku bisnis pemula dan UKM mendapatkan perlindungan tersebut yang layak serta menjadi prioritas utama.

Tujuan dari kesempatan pelaku bisnis di e-commerce yakni meminimalisir hilangnya lapangan pekerjaan saat era transisi menuju perekonomian digital, pertumbuhan kesejahteraan, menjadi pemain ekonomi digital terbesar di asia tenggara, menjadi target pasar bisnis internasional, dan UKM naik tingkat menjadi pelaku usaha besar dan menggurita hingga internasional. Diberangi hal tersebut sebagai masyarakat digital penting memahami digital skills, kemampuan menggunakan teknologi di ruang digital. Ada beberapa kemampuan digital skills di antaranya dalam bidang konten kreatif, dalam bidang pendidikan, dan dalam bidang keuangan. Untuk memulai digital skills perlu memahami hal yang paling dasar seperti penguasaan gadget, penguasaan media sosial, komunikasi professional melalui MS, dan editing foto melalui smartphone.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang