Tuding Politik Kotor, BKPH Senduro, Bakal Usut Tuntas Aktor Intelektual Dibalik Perusakan Pohon Damaran

Caption: Kiri Edi Santoso, dan Lesmana Jaya Putra

Bintangempat.com, Jawa Timur – Patroli rutinitas gabungan antara LMDH Wono Lestari Desa Burno Kecamatan Senduro dan Perum Perhutani BKPH Senduro terus digalakkan, sebagai bentuk tanggung jawab bersama menjaga kelestarian hutan masyarakat.

“Hari ini kami bersama polhut, berpatroli dilokasi Petak 15 dan16 RPH dan BKPH Senduro”,Ujar Edi Santoso Ketua LMDH Wono Lestari Desa Burno, Rabu (20/10/2021).

Masih menurutnya, Edi Santoso menjelaskan setelah lama tidur, LMDH Wono Lestari saat ini harus bangkit, memberikan edukasi kepada masyarakat yang secara ekonomi menggantungkan mata pencahariannya dari hutan harus bisa turut bertanggung jawab atas kelestarian hutan.

“Selain memanfaatkan kawasan hutan, masyarakat harus bisa ikut serta untuk menjaga kelesatarian hutan”,Tandasnya.

Hal senada disampaikan oleh Lesmono Jaya Putra Asper BKPH Senduro, KPH Probolinggo, untuk terus semangat memberikan edukasi kepada masyarakat dalam pelestarian hutan, selain itu diakui bahwa dalam persoalan pemanfaat kawasan hutan tidak lepas dari standart error, namun ia optimis bertahap semua akan teratasi dengan persuasif.

“Dengan sinergi, kami yakin semua persoalan standard error terlebih pemanfaatan kawasan hutan bisa teratasi dengan baik”,Katanya.

Selain itu, menyoal terkait tudingan kerusakan hutan pohon damaran muda yang beberapa hari terakhir dihembuskan oleh pihak yang berkepentingan, Lesmono menyikapi dengan santai, Ia mengatakan bahwa hal tersebut seakan sengaja dilakukan oleh oknum yang berkepentingan, namun dirinya tidak main-main untuk mengungkap kasus tersebut.

“Kalau dikatakan itu pencurian kayu hutan, kenapa setelah ditebang kayunya dibiarkan dilokasi, pelakunya juga tahu bahwa yang ditebang kayu damaran yang masih muda, tentu kami bisa menyimpulkan bahwa itu hanya profokasi oknum atau kelompok yang tidak senang dengan kinerja kami, tapi kami akan mengungkap kasus ini sampai tuntas, tanggu tanggal mainnya”,Pungkasnya 20/10/21) *(wi)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang