LITERASI DIGITAL KABUPATEN ASAHAN – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN ASAHAN – PROVINSI SUMATERA UTARA

Jumat, 12 November 2021, Jam 14.00 WIB
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi., dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang KIAT-KIAT MELAWAN HOAX oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Diwana Lestari Humendru, S.Psi., menjelaskan ciri-ciri hoax, meliputi mengakibatkan kecemasan, kebencian, dan permusuhan, sumber bertia tidak jelas, serta bermuatan fanatisme atas nama ideologi, judul, dan pengantarnya provokatif. Dampak hoax, antara lain dapat menyulut keributan, menimbulkan fitnah, membunuh karakter seseorang, bisa terjerat UU ITE, jejak digital yang tidak bisa dihapus menjadi track record, menyebabkan perpecahan, serta bisa menimbulkan opini publik yang salah. Cara mengatasi hoax, meliputi waspada dengan judul berita yang provokatif, periksa faktanya, teliti keaslian foto, telusuri alamat situs, serta bergabung dengan grup anti-hoax. R. Daniel Wisnu Wardana, S.IP., M.F.Tv., menjelaskan aturan keamanan digital dasar untuk pengguna internet, meliputi periksa kendala situs web, gunakan kata sandi yang kuat, gunakan otentikasi dua faktor, hindari tautan online yang mencurigan, perhatikan siapa saja yang online, serta waspada terhadap wifi publik.
Rika Yessica Rahma, S.Psi., M.IKom., menjabarkan tips menciptakan internet yang positif, kreatif, dan aman, dengan cara gunakan internet untuk mengakses konten yang positif, validasi link yang mencurigakan, buatlah password yang kuat dan jangan pernah mengungkapkan informasi pribadi, serta mengetahui bagaimana cara untuk memblokir dan melaporkan konten. Khairul Fahmi Lubis, MSP., menjelaskan tips dan trik berekspresi di dunia digital, antara lain membuat konten yang kreatif, selektif dalam melihat akun, serta pergunakan dunia digital sebagai wadah berbagi informasi dan berkomunikasi jarak jauh. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Ana Livian sebagai Mom Influencer yang memberikan sharing session, mengenai masyarakat harus berhati-hati dengan berita hoax yang beredar di dunia maya. Jangan sampai masyarakat termakan hoax dan ikut berpartisipasi menyebarkan berita hoax yang dapat merugikan diri sendiri serta orang lain.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang