LITERASI DIGITAL KABUPATEN ASAHAN – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN ASAHAN – PROVINSI SUMATERA UTARA

Jumat, 26 November 2021, Jam 09.00 WIB
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang BIJAK BERMEDIA DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Bijak bermedia digital berarti kita mampu menyadari privasi dan hal apa saja yang akan kita unggah di media sosial. Privasi adalah hak individu untuk menentukan apakah data pribadi akan dikomunikasikan atau tidak kepada pihak lain. Data pribadi sangatlah penting. Pengguna media sosial perlu memahami kebijakan privasi pada suatu platform agar menghindari penyalahgunaan data-data pribadi. Jejak digital yang akan tertinggal antara lain, postingan di media sosial, pencarian di google, tontonan di youtube, situs web yang dikunjungi, pembelian di marketplace, dan apps yang diunduh, menurut I Gede Putu Krisna Juliharta, S.T., M.T sebagai Wakil Ketua III STMIK Primakara dan Praktisi TIK. H. Raseno Arya, S.E., MM sebagai Pemerhati Pariwisata menuturkan, media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, dan berbagi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Kejahatan di dunia digital antara lain, ancaman online, cyberbullying, peretasan, membeli barang ilegal, pembuatan profil palsu, dan persahabatan online palsu.
Reza Kurniawan, S.T sebagai Content Creator menjelaskan, ciri-ciri internet antara lain, cakupan aksesnya bersifat global, cara pemakaian teknologi untuk berkomunikasinya lewat saluran telekomunikasi, penggunanya semua orang, dan bisa dipakai dimana saja. Media sosial telah menjadi bagian yang tak dapat terelakkan bagi para penggunanya (netizen). Melalui media sosial kita dapat berbagi pesan melalui tulisan, audio maupun video. Media sosial pun memiliki aturan atau norma-norma yang harus kita taati bahkan akibat konsekuensi hukum. Key Opinion Leader oleh Chika Ve sebagai Influencer menambahkan, dalam menggunakan media sosial, kita harus tahu batasan dan apa saja yang akan kita unggah di media sosial. Gunakanlah media sosial secara tepat dan bijak. Jangan mengunggah sesuatu yang akan merugikan diri kita sendiri dan orang lain yang melihatnya.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang