LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

Sabtu, 13 November 2021, Jam 13.00 WIB
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu,H. Edy Rahmayadi., dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang LINDUNGI DIRI DARI PENIPUAN DI RUANG DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Kebebasan bermedia sosial adalah kebebasan untuk mencari, menerima, dan memberikan informasi dan gagasan dalam segala jenis tanpa memandang batas pengertian. Kesalahan yang sering terjadi dalam menggunakan digital antara lain, tindak membatasi postingan untuk konsumsi publik, asal klik dari kontak atau akun yang tidak dikenal, memposting informasi pribadi secara sadar atau tidak sadar, dan tergiur doorprize dari akun yang tidak terverifikasi, menurut Yuli Assari Butarbutar sebagai Ilustator. Noertyas Lazuardi, S.H sebagai Pengacara dan Konsultan Hukum mengatakan, berniaga dengan etika antara lain, etikad baik dalam berbisnis, jujur dalam menyampaikan informasi kepada konsumen, jaminan mutu dan garansi, serta jujur kompensasi dan ganti kerugian.
Muhammad Fadhlan Alfaridzi, S.Sos sebagai Peneliti memaparkan, kebebasan berekspresi adalah hak setiap orang untuk mencari, menerima, menyebarkan informasi, dan gagasan dalam bentuk apapun, dengan cara apapun. Ini termasuk ekspresi lisan, tercetak, atau pun melalui materi audiovisual, serta ekspresi budaya, artistik maupun politik. Media sosial dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi antar individu dan kelompok. Mencari informasi, produksi informasi, mencari hiburan, dan menampilkan bakat yang dimiliki. Dalam kehidupan sehari-hari media memiliki pengaruh yang signifikan untuk mempengaruhi cara orang berpendapat maupun berperilaku. Key Opinion Leader oleh Ichal Faisal sebagai Broadcaster menambahkan, kita harus menggunakan sosial media dengan bijak agar tidak terjadi dampak negatif untuk diri kita sendiri. Jangan pernah membagikan sesuatu yang mengarah ke hal pribadi, karena dikhawatirkan dapat mengalami penyalahgunaan data oleh orang yang tidak dikenal.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang