LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

Kamis, 4 November 2021, Jam 13.00 WIB
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu,H. Edy Rahmayadi., dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang KONTEN DIGITAL: HAK CIPTA DAN ETIKA oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Dedy Mulyana, S.H., M.H., menjelaskan karya intelektual adalah hak yang timbul atas hasil olah pikir otak manusia yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia. Hak eksklusif adalah hak yang dimiliki pencipta atau pemegang hak cipta sehingga tidak ada pihak lain yang boleh memanfaatkan seperti mengumumkan atau memperbanyak tanpa izin. Hak eksklusif, meliputi hak moral dan hak ekonomi. Tindakan pemegang hak cipta dalam melindungi karya ciptaan, meliputi karya cipta melalui lembaga manajemen kolektif, platform media sosial, dan pencatatan. Tips menghindari pelanggaran hak cipta, meliputi paham, bijak, taat, aman, dan copyright.

Bugi Satrio, S.E., M.I.Kom., Ph.D., menjelaskan cara menjadi kreatif, meliputi gali minat, kembangkan bakat, ikuti akun yang sesuai dengan minat, tunjukan karya, serta hanya unggah konten yang bermanfaat. Menjadi positif di media sosial, dengan cara hanya cari informasi dari sumber terpercaya, filter seluruh informasi yang diperoleh dari internet, serta bergabunglah di komunitas dan aktif di dalamnya.

Azwar Azmi Batubara, S.Sos., menjabarkan dampak penyebaran hoax, antara lain menimbulkan perpecahan, menurunkan reputasi, menimbulkan opini negatif, serta merugikan masyarakat. Cara menghindari hoax, antara lain hati-hati dengan judul provokatif dan baca keseluruhan isi informasi atau berita, jangan mudah percaya foto dan vidio yang beredar, serta hati-hati dalam memberikan informasi dan berita yang sedang dibaca. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Adhit “Element” sebagai Musisi yang memberikan sharing session, mengenai pentingnya menghargai konten atau karya orang lain dan mengetahui hak cipta serta etika di media sosial. Jadikan media sosial tempat untuk berkarya yang positif dan bermanfaat bagi orang lain.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang