LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

Jumat, 12 November 2021, Jam 09.00 WIB
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi., dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang MENJAGA DAN MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Mandradhitya Kusuma P, M.Sc., menjelaskan peran orang tua dalam memberikan ajaran keamanan di internet, antara lain perhatikan konten yang diakses oleh anak dan konten yang dibuat oleh anak, ajari anak untuk melindungi privasinya di ruang digital, pahami aturan perlindungan anak di dunia digital serta informasi-informasi pelaporan yang tersedia, berikan pemahaman mengenai moral, etika, dan budaya di dunia digital, manfaatkan teknologi fitur perlindungan, serta memberikan ruang kepada anak untuk berkarya dan mengekspresikan diri. Nike Widia, S.Pd., menjelaskan cara membudayakan anak didik untuk melek terhadap literasi digital, meliputi mengenalkan materi informasi digital berbasis gambar, audio, video, dan lain-lain, mengembangkan materi literasi informasi pada tahapan mengevaluasi hasil sumber informasi yang ditemukan, dengan komponen berpikir kritis, serta memberi pemahaman terhadap peserta didik mengenai pemahaman tentang perangkat hukum yang melingkupi lingkungan digital, seperti UU ITE.
Heny TP., menjelaskan cara melindungi data digital, meliputi nonaktifkan cookies, gunakan window browser pribadi, pilih mesin telusur aman seperti privacy focused search engine, unduh browser yang terenkripsi, pakai virtual private network (VPN), serta gunakan mesin virtual. Kristover Alexander Purba, ST., menjelaskan hal yang harus diperhatikan sebelum mengunggah di media sosial, meliputi unggahan merupakan infromasi atau konten yang penting, unggahan atau konten dari sumber terpercaya, bermanfaat, tidak mengunggah hal pribadi, serta informasi atau konten yang baik. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Chika Ve sebagai Influencer dan Musisi yang memberikan sharing session, mengenai orang tua dan masyarakat harus berkerja sama dalam menjaga dan mendidik anak di era digital agar anak tidak mengakses konten negatif di media sosial. Ajarkan anak untuk berkarya atau membuat konten yang positif dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang