LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

Senin, 22 November 2021, Jam 09.00 WIB
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang KETERAMPILAN DIGITAL DI ERA PANDEMI oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Keterampilan digital sebagai sebuah skill penting dalam bisnis bisa diawali dengan kemampuan menggunakan media sosial dengan baik dan benar. Keterampilan digital bukan hanya soal kemampuan memasarkan produk di media sosial, para pebisnis dan pelaku UMKM juga sebaiknya bisa melakukan analisis untuk meningkatkan penjualan. Data analisis yang tepat dan akurat akan membantu pelaku UMKM dalam mengetahui perkembangan produk di marketplace serta memungkinkan untuk membuat langkah tepat sebagai solusi kendala dari hasil analisisnya. Apriana Harahap, S.Pd sebagai Guru IPA SMP Muhammadiyah 22 Kisaran mengatakan, etika digital menurut siberkreasi dan delotte adalah kemampuan individu dalam menyadari, mencontohkan, menyesuaikan diri, merasionalkan, mempertimbangkan, dan mengembangkan, tata kelola digital dalam kehidupan sehari-hari. Media sosial merupakan media daring yang menggunakan jaringan internet untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh yang cakupan sangat luas keseluruh belahan bumi di dunia.
Yan Hendrik, S.Pd., M.M sebagai Kepala SMPN 21 Padang menuturkan, digital skill merupakan kemampuan dalam memahami, mengoperasikan, menggunakan dan memanfaatkan teknologi perangkat digital (software atau hardware) dan jaringan di era digital. Kreatif dalam penggunaan internet antara lain, pemanfaatan situs canva.com untuk pembelajaran, membuat vlog, dan pemanfaatan konten positif. M. Yoga Asmara Saragih, S.Psi sebagai HRD menjelaskan, kemudahakan belanja online diantaranya, mudah tidak perlu keluar rumah, praktis dimana saja kapan saja, harga lebih murah, banyak diskon yang tersedia, dan gratis ongkir. Key Opinion Leader oleh Nelly Carey sebagai Influencer menambahkan, mempelajari kemampuan dan keterampilan baru merupakan cara terbaik agar anda bisa lebih sukses di dalam karir. Keterampilan akan sangat bermanfaat, saat anda mencari peluang karir baru atau ingin meningkatkan tujuan karir di masa depan.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang