LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

Selasa, 23 November 2021, Jam 09.00 WIB
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Direktur Jenderal Aplikasi Informatika yaitu, Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang BIJAK BERMEDIA DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Zumfiardi, M.Pd sebagai Wakil Kepala SMPN 7 Padang Bidang Kurikulum menuturkan, bijak bermedia digital berarti kita harus memerhatikan segala sesuatu dalam berdigital, seperti jangan beritahu data pribadi dan keluarga di media sosial, jangan menggunggah dokumen penting di media sosial, jangan menggunggah foto atau video yang mengandung unsur kekerasan, sara dan ujaran kebencian. Selain itu, hati-hati dalam memilih teman, jangan mudah percaya kepada orang yang baru dikenal, dan gunakan dunia digital untuk puplikasi prestasi dan hal-hal positif. Segala Aktivitas yang dilakukan di dunia maya baik secara sadar atau tidak sadar diantaranya, unggahan foto, video, komentar, mengunjungi situs tertentu, dan lain-lain. Beberapa jejak digital yang akan ditinggalkan antara lain, riwayat pencarian, pesan teks, foto dan video, lokasi, interaksi media sosial, dan persetujuan akses cookie.
Rizky Melidya Utami, S.Pd sebagai Guru Kimia Sma Muhammadiyah 8 Kisaran menjelaskan, gerakan literasi sekolah merupakan kemampuan memahami melalui aktivitas membaca, melihat, menulis, menyimak atau berbicara untuk menumbuhkan sikap budi pekerti dan literat di lingkungan sekolah. Manfaatnya antara lain, memperkaya pengetahuan dan keterampilan, memudahkan mencari informasi baru dengan cepat, dan mempermudah proses komunikasi dalam proses pembelajaran. M. Abdi Azzara, S.Pd., M. Sos sebagai Peneliti Revolt Institute memaparkan, keterampilan yang perlu dilatih diantaranya, multimedia, terampil dalam dunia market place, kecakapan penggunaan aplikasi penunjang pendidikan. Manfaatnya antara lain, keterampilan informasi dan literasi data, keterampilan keamanan digital, dan keterampilan komunikasi dan kolaborasi. Key Opinion Leader oleh Nelly Carey sebagai Influencer menambahkan, jangan pernah mengunggah segala sesuatu yang terlalu mengarah pada hal pribadi ke media sosial. Bertujuan agar data pribadi kita tidak disalahgunaan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang