LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

Kamis, 25 November 2021, Jam 09.00 WIB
Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.
Gubernur Provinsi Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar MENJADI CERDAS DI ERA DIGITAL yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.
Sebagai pengguna internet yang cerdas perlu memahami dan melindungi data pribadi di dunia maya karena itu sangat berharga yang perlu diamankan. Kita harus berpikir kritis dan logis agar tidak masuk ke perangkap pelaku karena biasanya modus penipuan mengiming sebuah hadiah atau keuntungan luar biasa menggiurkan. Tips aman berinternet yaitu teliti saat menerima permintaan pertemanan, berpikir sebelum posting, dan berpikir sebelum membagikan sesuatu, menurut Putri Diana, S.Pd Penggiat Ekonomi Milenial. Dewi Anggraini,M.Pd sebagai Kepala SMPN 10 Padang memaparkan peran orang tua dalam memberikan ajaran tentang internet untuk anak diantaranya mengarahkan penggunaan perangkat dan media digital dengan tepat, komunikasi dan edukasi menggunakan perangkat secara bijak.
Nasfiahtul Istani Daely, S.H menjelaskan ada baiknya berpikir sebelum kita memposting karena kita bertanggung jawab penuh terhadap semua postingan yang kita unggah, dan posting sesuatu yang memiliki value dan membuat citra diri lebih baik. Webinar diakhiri dengan Key Opinion Leader Tya Yustia sebagai Content Creator dan TV Presenter yang memberikan sharing session, menjadi cerdas di era digital. Kita sebagai pengguna internet yang cerdas harus menghindari aksi penipuan digital yang kini sedang marak-maraknya. Salah satu cara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kita harus menjaga data pribadi.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang