LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

Selasa, 30 November 2021, Jam 09.00 WIB
Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.
Semuel Abrijani Pangarepan, B.Sc., sebagai Direktur Jendral Aplikasi Informatika menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar KETERAMPILAN DIGITAL YANG WAJIB DIKUASAI yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.
Pembahasan mengenai keterampilan digital yang dibutuhkan di era digital antara lain, berkomunikasi secara professional lewat media sosial. Pada penerapannya, sosial media memang banyak digunakan untuk beberapa hal yang penting, mulai dari pekerjaan, dan lain-lain. Terlebih lagi, hampir semua profesi yang akan dijalani nantinya akan berhubungan dengan media sosial. Yang berikutnya mampu mengoperasikan gadget dan laptop dengan baik. Menurut Baihaqi Ammy, S.E., M.Ak., menjelaskan memiliki kemampuan berbisnis digital juga sangat berguna di era pandemi, seperti afiliasi, youtuber, online shop, blogger, dan mengajar. Etika yang harus diterapkan dalam berbisnis digital, antara lain kejujuran, ramah, menghormati, peduli, serta pengemasan dengan rapih. Manfaat etika bisnis, meliputi kredibilitas perusahaan meningkat, bisnis memiliki citra yang baik bagi konsumen, serta bisnis akan berjalan secara aman dan nyaman.
Yuni Putri Serli, S.St., menjelaskan menggunakan transaksi digital harus diperhatikan dengan aman, dengan cara tidak memberikan pin atau OTP kepada orang lain, ganti password m-banking secara berkala, hindari wifi publik, aktifkan notifikasi transaksi, hilangkan jejak keuangan, serta gunakan limit terendah sata menggunakan kartu kredit. Raka Gunaika, S.S., M.A., menjelaskan penggunaan bahasa yang baik dan benar di dunia digital, dengan cara berdasarkan EYD, tidak mempersingkat kata, pemilihan kata yang sesuai, menghasilkan aura positif, sopan dan santun, serta terhindar dari ujaran kebencian. Webinar diakhiri dengan key opinon leader, oleh Chika Ve sebagai Influencer dan Musisi yang memberikan sharing session, mengenai masyarakat dapat memaksimalkan penggunaan media sosial untuk berkarya dan mengasah keterampilan dengan baik. Gunakan media sosial untuk hal yang positif dan bermanfaat bagi diri sendiri serta orang lain.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang