LITERASI DIGITAL KABUPATEN LABUHAN BATU – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN LABUHAN BATU – PROVINSI SUMATERA UTARA

Rabu, 10 November 2021, Jam 09.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi., dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN WAWASAN KEBANGSAAN oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Pembahasan mengenai pentingnya literasi digital dalam wawasan kebangsaan meliputi nilai dasar wawasan kebangsaan dengan menerapkan cinta tanah air dan bangsa, masyarakat adil dan makmur, tekad bersama untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas, merdeka, dan bersatu, serta demokrasi atau kedaulatan rakyat. Aktualisasi wawasan kebangsaan mencakup aspek moral dan aspek intelektual. Aspek moral, adanya komitmen untuk menjaga eksistensi dan peningkatan kualitas bangsa. Aspek intelektual, adanya pengetahuan yang memadai untuk menghadapi berbagai tantangan dan potensi yang dimiliki bangsa. Menurut Reza Kurniawan, S.T., generasi pengguna internet anak muda begitu mudahnya mengklik ‘next, next, dan next’ di internet. Padahal, tidak tahu apa yang dibagikan, kepada siapa, dan bagaimana. Oleh karena itu, para pengguna diimbau untuk tidak asal mengklik apapun di internet, termasuk situs-situs yang tidak dikenal yang mungkin saja mengarahkanmu ke situs berbahaya.
Tetti Herawati Tambunan, S.Pd., menjelaskan komunitas akademik harus memiliki, pengembangan ilmu pengetahuan, pengembangan kemampuan, serta membangun kepekaan peserta didik untuk peduli pada lingkungan sekitar. Sebagai insan pendidik, komunitas akademik yang terdiri dari guru, dosen, tenaga kependidikan atau seperangkat pelaksana pendidikan. Patricia Robin, menjelaskan tips aman berinternet sehat, antara lain berfikir menerima, berfikir sebelum mengirim, serta berfikir sebelum berbagi. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Chika Ve sebagai Influencer dan musisi yang memberikan sharing session, mengenai pentingnya literasi digital dalam wawasan kebangsaan meliputi nilai dasar wawasan kebangsaan dengan menerapkan cinta tanah air dan bangsa, masyarakat adil dan makmur, tekad bersama untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas, merdeka, dan bersatu, serta demokrasi atau kedaulatan rakyat.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang