LITERASI DIGITAL KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN – PROVINSI SUMATERA UTARA

Sabtu, 13 November 2021, Jam 09.00 WIB
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Tema besar webinar KESIAPAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI TRANSFORMASI DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Transformasi digital adalah bagian dari proses teknologi yang lebih besar. Transformasi digital juga merupakan perubahan yang berhubungan dengan penerapan teknologi digital dalam semua aspek kehidupan dalam masyarakat. Transformasi digital telah memberi dampak pada interaksi sosial, apalagi semenjak pandemi segala sesuatunya dikerjakan dari rumah. Namun di satu sisi setiap individu tetap harus memiliki hubungan karena manusia merupakan makhluk sosial. Eunike Hanna Apriani S., S.Psi sebagai Guru Bimbingan Konseling memaparkan, Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Literasi digital mampu membuat kita berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan mampu memecahkan masalah.
Rudi Haryadi, S.T., M.Pd sebagai Guru SMK Negeri 1 Cimahi menjelaskan, E-commerce adalah penyebaran, penjualan, pembelian, serta pemasaran barang atau jasa yang mengandalkan sistem elektronik, seperti internet, TV, atau jaringan teknologi lainnya. Marketplace sendiri merupakan salah satu model dari e-commerce. marketplace adalah platform tempat bertemunya atau perantara antara penjual dan pembeli. Ersan Suria Pranoto, BA Hons., M.Sc sebagai CEO Suria Inti Corp menuturkan, pendeteksian wajah dilakukan dengan pengambilan foto wajah dari manusia dengan memindai foto 2d secara digital, atau bisa juga menggunakan video untuk mengambil foto wajah 3d. Setelah wajah berhasil dideteksi, software akan dapat menentukan posisi, ukuran, dan sikap. Key Opinion Leader oleh Bemby Noor sebagai Influencer menambahkan, transformasi digital lainnya yang dihadapi masyarakat saat ini yaitu terkait proses dalam bekerja dan usaha. Para pekerja yang bekerja kini harus memakai masker saat aktifitas di kantor dan menjaga jarak.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang