LITERASI DIGITAL KABUPATEN MANDAILING NATAL – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN MANDAILING NATAL – PROVINSI SUMATERA UTARA

Senin, 08 November 2021, Jam 13.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi., dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang BIJAK BERETIKA DI INTERNET oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Tantangan dalam era digital terutama di media sosial antara lain berita hoax, cyberbulliying dan SARA. Oleh sebab itu dalam memahami batasan dalam kebebasan berekspresi di dunia digital haruslah paham tentang cara dan batasan batasannya. Hal ini diungkapkan oleh M. Setiawan, S.Pd Guru SMAN I Batang Angkola. Bentuk ekspresi atau berpendapat yang benar dan sesuai dengan undang undang adalah tidak provokatif, sopan, santun, mempertimbangkan kembali pendapat kita dan dampaknya sebelum disampaikan di media sosial.

Selain itu, menurut Sulaiman Saleh, S.Kom Guru Komputer SMKN 3 Sidempuan etika dan budaya berinternet juga dapat dilihat dari beberapa aplikasi di media sosial dimana beredar informasi gratis disertai link yang harus diisinya dengan data pribadi. Kita harus waspada karena data yg diberikan dapat digunakan untuk kejahatan siber seperti phising, malware, potentially unwanted program (contoh : spyware). Jadi, kita jangan asal klik dan periksa kembali linknya serta selalu jaga data pribadi.

Winarsih, M.Pd Pengajar dan Social Activation menambahkan jangan asal setuju apabila ada tautan yang kita terima demi keamanan kita dari kejahatan di dunia maya. Banyak jenis kejahatan diantaranya modus penipuan online. Tips menghindari kejahatan tersebut, lakukan otentik dua faktor, simpan data secara offline, waspada terhadapa wifi publik dan gunakan password yang kuat.

Sementara Prissandi J. Chan, S.Kep.,M.Kes Konsultan Master Plan RS memberikan pemaparan tentang digital skill yang dibutuhkan saat ini diantaranya yaitu web develpoment, developer software, UI & UX Design, Robotic Prosess Automation, Social Media Marketing, Content Creator dan sebagainya. Maka Prissandi mengajak untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan (skill) digital agar tidak tertinggak di masa depan. Key Opinion Leader oleh Ana Livian, Mom Influencer yang menjadi penutup webinar dengan mengajak para netizen untuk melakukan hal yang positif baik dari sisi konten, komentar dan juga interaksi lainnya di media sosial karena kita berhubungan dengan orang lain yang mempunyai karakter yang berbeda beda.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang