LITERASI DIGITAL KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA – PROVINSI SUMATERA UTARA

Selasa, 16 November 2021, Jam 09.00 WIB
Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4(empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.
H. Edy Rahmayadi sebagai Gubernur Provinsi Sumatera Utara menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar MENJAGA DAN MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.
Hal yang harud diperhatikan oleh orang tua dan guru antara lain, ajak anak menggunakan internet untuk membantu tugas sekolah, diskusikan dengan anak apa yang boleh dan tidak boleh dalam menggunakan internet dan media sosial, ajari anak untuk menjaga kesopanan berkomunikasi di media sosial, dampingi anak dalam menggunakan internet dan media sosial, imbangi waktu menggunakan media digital dengan berinteraksi di dunia nyata, dan batasi penggunaan media digital. Guru atau orang tua juga bisa mengajarkan literasi digital agar anak mampu berpikir kritis, kreatif, dan inovatif, mecahkan masalah, berkomunikasi dengan lebih lancar, dan berkolaborasi dengan lebih banyak orang, menurut Eunike Hanna Apriani S, S. Psi sebagai Guru Bimbingan Konseling. Sikap yang harus dimiliki pengguna sosial media antara lain, berhati-hati saat mengunggah, bersikap kritis, tidak membagikan berita hoaks, periksa sumber, jangan mengklik tautan mencurigakan, aktifkan autentikasi dua factor, dan laporkan informasi palsu. Etika digital diharapkan dapat menjadikan masyarakat digital yang lebih cerdas, menurut Diwana Lestari Humendru, S.Psi sebagai Psikolog.
Winarsih, M.Pd sebagai Pengajar menuturkan, pentingnya menjaga keamanan anak untuk, membangun pengetahuan anak tentang internet, melindungi anak dari bahaya kejahatan di dunia maya, dan menjaga jejak digital anak. Peran orang tua dibutuhkan sebagai mode pengaman, selektif, komunikasi yang terbuka, dan aruran penggunaan. Key Opinion Leader oleh Rio Hijau Daun sebagai Professional Drummer menambahkan, gunakanlah pengaman dengan fitur mode anak, mengajarkan etika dan empati digital, dan hindari postingan yg bersifat sangat personal. Hati-hatilah dalam memilih teman untuk anak dan juga memilih konten positif untuk anak. Tanamkan pemahaman tentang baik buruknya internet dan menjadi teman diskusi yg baik saat anak membutuhkan.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang