BERITA TERBARU

LITERASI DIGITAL KABUPATEN PEMATANGSIANTAR – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN PEMATANGSIANTAR – PROVINSI SUMATERA UTARA

Rabu, 17 November 2021, Jam 13.00 WIB
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang BAHAYA KEJAHATAN DI RUANG DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Waspada terhadap hacking, cyber terrorist, ubah tampilan, manipulasi, spyware, cybercrime, phising, spamming, dan pemalsuan data. Tips pentingnya adalah, simpan data rahasia kita secara offline, periksa keandalan situs web dan aplikasi, gunakan kata sandi yang kuat, gunakan otentikasi dua faktor, hindari tautan online yang mencurigakan, perbarui komputer atau gawai pintar, waspadalah terhadap Wi-Fi dan unduhan gratis, periksa kembali informasi online, amankan koneksi internet kita dengan VPN, dan jangan gampang pinjamkan hp, laptop, komputer, menurut Setio Budi H. Hutomo sebagai Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Internet positif merupakan suatu kebijakan dari kominfo untuk mengendalikan beberapa konten dari website. Tips aman berinternet antara lain, mengakses konten positif, mengapus malware, iklan yang tidak diinginkan, validasi link mencurigakan, periksa pengaturan privasi anda, ingat, posting itu permanen, buat password yang kuat, jangan mengumbar informasi pribadi, tahu cara memblokir atau melaporkan konten, menurut Dedi Rialdi S.Ds sebagai Art Director Jakarta Keras.
Dumaris E. Silalahi, S.Pd., M.Pd sebagai Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas HKBP Nommensen memaparkan, kesantunan berbahasa adalah prilaku yang secara aktif mengeksfresikan hal-hal positif baik berupa verbal maupun nonverbal. Berbahasa tidak hanya sekedar menyampaikan ide dan perasaan, tetapi juga bagaimana menggunakan kata-kata yang tepat kepada petutur dalam situasi dan kondisi yang tepat. Key Opinion Leader oleh Rio Hijau Daun sebagai Professional Drummer menambahkan, waspada dalam berpikir dan bertindak, tidak ada yang gratis didunia ini. Penggunaan teknologi digital harus produktif, kita bukan hanya konsumen dan penggunan saja.

Tinggalkan Balasan