LITERASI DIGITAL KABUPATEN SIMALUNGUN – PROVINSI SUMATERA UTARA

Kamis, 04 November 2021, Jam 13.00 WIB
Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

H. Edy Rahmayadi sebagai Gubernur Provinsi Sumatera Utara menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar TIPS MENJADI SULTAN DI ERA DIGITAL yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Untuk menjadi sultan di era digital kita bisa melakukan investasi. Manfaat dari investasi antara lain, dapat meningkatkan aset, memenuhi kebutuhan di masa depan, gaya hidup hemat, dan mencegah dari berhutang. Jenis-jenis investasi yaitu, investasi properti, emas, reksadana, saham, dan obligasi. Tips aman dalam berinvestasi diantara lain, pilih investasi yang aman, pilih investasi jangka panjang, lakukan riset mendalam, pelajari risiko, dan lakukan monitor secara berkala. Selain itu, bisa juga melakukan digital marketing, seperti onlineshop, marketplace, dan e-commerce. Keuntungan dari pembayaran online antara lain, cepat dan mudah, banyak pilihan berbagai opsi, pembayaran tersedia, rasa aman layanan pembayaran online, dapat diakses melalui gadget, dan banyak promo, menurut Winarsih, M.Pd sebagai Pengajar.

Etika penggunaan internet antara lain, tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi, tidak merugikan banyak orang, sopan dalam penulisannya, tata bahasa harus benar, menggunakan EYD yang benar, mengupload sesuatu sesuai dengan fakta, dan biasakan untuk mencantumkan sumber yang kita baca. Gunakanlah internet secara positif dan bijak, bijak adalah sifat memiliki kemampuan untuk membedakan dan menilai suatu kebenaran dengan tepat, menurut Ady Frenly Simanullang, S.Pd., M.Si sebagai Ketua Prodi Pendidikan Fisika Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar.

Bagaimana menyiapkan masa depan yaitu, investasi pada pengembangan digital skills, menerapkan prototype baru, pendidikan berbasis international digital skill, responsif terhadap industri, dan pembelajaran berbasis human digital skill, menurut Setio Budi H.H sebagai Departemen Ilmu Komunikasi.

Key Opinion Leader oleh Chika Ve sebagai Musisi menambahkan, media sosial dapat dimanfaatkan sebagai bisnis, terutama yang sedang digandrungi saat ini adalah aplikasi tiktok dan instagram. Kita bisa dengan mudah menjadi influencer atau selebram dan memulai bisnis lainnya di instagram atau tiktok. Kita juga bisa menyebarluaskan usaha kita melalui media sosial tersebut dengan cepat.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang