LITERASI DIGITAL KABUPATEN SIMALUNGUN – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN SIMALUNGUN – PROVINSI SUMATERA UTARA

Kamis, 25 November 2021, Jam 13.00 WIB
Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.
Gubernur Provinsi Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar MENJADI CERDAS DI ERA DIGITAL yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.
Marice Saragih S.Pd, M.Pd Dosen STT Misi William Carey mengatakan mari kita semua pendidik, orang tua, juga kaula muda marilah kita menggunakan digital untuk meningkatkan pengetahuan kita, memberi informasi yang mendidik, tidak terpengaruh dengan hoaks dan memiliki etika yang baik dalam menggunakan digital dan marilah kita saling membantu untuk menyelamatkan generasi muda dari bahaya negatif dari penggunaan teknologi di era digital. Akses informasi yang digunakan oleh guru lewat internet sebagai berikut cari info alamat URL (Unifrom Resource Locator) situs web yang akan dibuka, jika tidak tahu alamatnya, gunakan search engine untuk mencari informasi yang dibutuhkan, dan tentukan keyword (kata kunci) atas info yang dibutuhkan, menurut Nancy Angelia Purba.
Dra. Sri Dewiningsih, M.Si menjelaskan literasi digital membantu anak- anak menjadi kompeten, kritis, dan terpelajar dalam menggunakan semua bentuk media sehingga mereka mampu mengontrol interpretasi dari yang dilihat maupun didengar. Kemampuan literasi anak Gen-A diharapkan mampu bersikap fleksibel dan adaptif, mampu berinteraksi sosial, produktif, berinisiatif dan mandiri serta memiliki kemampuan berpikir kritis. Webinar diakhiri dengan Key Opinion Leader Azmy Zen sebagai Presenter dan MC yang memberikan sharing session, menjadi cerdas di era digital. Sebagai pengguna media sosial harus berhati-hati dalam menyebarkan informasi pribadi ke publik untuk mengantisipasi penyalahgunaan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Kemudian juga harus menggunakan etika atau norma saat berinteraksi dengan siapapun di media sosial dan berhati-hati terhadap akun yang tidak dikenal.

 

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang