Bangunan BUMDes Di Kabupaten Sampang Mangkrak

 

BintangEmpat.com, Jawa Timur – Bangunan Kafe Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Akor Jaya yang terletak di Desa Apa’an Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang Madura Jawa Timur. diduga tidak dipergunakan atau beroperasi mangkrak dan terbengkalai.

Disinyalir, bangunan tersebut diketahui bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2021 diduga, pembangunan dan pembelanjaan mencapai Anggaran 60.000.000 Juta Rupiah dan jika tidak digunakan sebagaimana mestinya tentunya sangat merugikan Negara, Minggu (12/12/2021).

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Awak Media dari warga sekitar diketahui bahwa, sudah hampir 1 tahun bangunan kafe BUMDes tersebut tidak beroperasi dan terkesan dibiarkan begitu saja.

“Ini sudah hampir 1 tahun dibiarkan terbengkalai mas, kemarin sempat dilakukan rehab namun, karena tidak terpakai dan kondisinya sudah rusak parah,”ungkap salah seorang warga Apa’an yang enggan namanya dipublikasikan.

Ketika hal ini dikonfirmasi kepada warga lainnya, pada siang pukul (14:40) Wib. jawabannya hampir sama.

“Keberadaan BUMDes Akor Jaya semenjak awal pembangunan hingga sekarang tidak pernah ada aktifitas, sehingga menjadi tanda tanya bagi kami masyarakat,”ujarnnya.

Terpisah, HJ. Buadah selaku Kepala Desa (Kades) Apa’an Kecamatan Pengarengan, Saat dikonfirmasi melalui via telepon seluler nya, menyarankan agar jika mau konfirmasi terkait BUMdes di Desanya meminta langsung ke ketua BUMdes (H.Arif)

“Langsung saja ke ketua BUMdes nya ya mas,”jelasnya singkat.

Disinggung terkait biaya, ia membenarkan bahwa habisnya biaya dana mengeluarkan Rp.60.000.000 juta sama seperti halnya pernyataan warga yang diterima awak media.

“Untuk habisnya dana nya itu mencapai Rp.60.000.000 juta,” pungkasnya di akhir wawancara.*(Eds)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang