SOSIAL

HPN Kabupaten Kediri Kirim Bantuan Logistik Korban Erupsi Gunung Semeru

 

Jawa Timur – Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Kabupaten Kediri turun ke lapangan untuk menyalurkan bantuan logistik untuk warga terdampak bencana Erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

Bantuan berupa beras, sembako, pakaian, mukena, selimut, obat-obatan ,masker dan peralatan penunjang dapur umum. Bantuan tersebut langsung diserahkan melalui perwakilan Pemerintah daerah setempat untuk didistribusikan kepada korban di beberapa posko pengungsian di kecamatan Candipuro dan Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Jumat (10/12/2021).

Turut serta ke lokasi Posko Peduli Bencana di Lumajang, diantaranya Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kediri sekaligus Ketua Tanfidz Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Kabupaten Kediri dan Ketua Pembina HPN Kabupaten Kediri H. Sentot Djamaludin, Ketua Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Kabupaten Kediri KH Syamsul Hadi beserta Pengurus HPN, dan Wakil Bupati Kediri sekaligus Wakil Ketua HPN Kabupaten Kediri Dewi Maria Ulfa. Tercatat ada Sekitar 25 orang perwakilan dari HPN Kabupaten Kediri langsung mendistribusikan bantuan ke Lumajang.

Ketua HPN Kabupaten Kediri KH. Syamsul Hadi mengatakan, penyaluran bantuan kemanusiaan ini sebagai bentuk kepedulian dan empati kepada saudara sebangsa dan setanah air di Lumajang yang saat ini tengah ditimpa bencana erupsi Gunung Semeru.

“Bantuan pemenuhan kebutuhan logistik bagi warga yang terdampak erupsi Semeru di Lumajang adalah wujud komitmen dan tanggung jawab kami khususnya HPN Kabupaten Kediri untuk peduli terhadap sesama,” sampainya dalam keterangan persnya, Minggu (12/12/2021).

Demikian, ditambahkan. HPN Kabupaten Kediri Peduli dan hadir untuk negeri melalui donasi kemanusiaan. Yang sebelum bertolak ke Lumajang, HPN Kabupaten Kediri telah berkoordinasi dengan Posko Peduli dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat guna mendapatkan arahan sekaligus memetakan bantuan dan kebutuhan yang mendesak.

Lumajang khususnya di daaerah yang terkena dampak erupsi gunung Semeru dinilai tepat mendapatkan perhatian dan prioritas karena bencana tersebut merupakan bencana yang besar di Jawa Timur.

Lanjut, KH. Syamsul Hadi, pihaknya berharap bantuan ke Lumajang yang sebagian wilayahnya terkena dampak erupsi Gunung Semeru bisa memberikan manfaat luas dan meringankan beban kepada para pengungsi atau korban terdampak bencana.

Bantuan tanggap bencana alam kepada masyarakat Lumajang kali ini, tandas dia, bukan bantuan bidang kebencanaan pertama kali yang diserahkan oleh HPN. Sebelumnya, bantuan lain juga telah didistribusikan untuk mendukung penanganan bencana banjir, erupsi gunung dan kebutuhan air bersih ke daerah rawan kekeringan di wilayah Jawa Timur.

“2 Truk dan 2 Colt L 300 yang kami berangkatkan langsung dari HPN Kabupaten Kediri untuk Lumajang,” pungkas Abah Syamsul Hadi sapaan akrabnya.

Sementara itu, Ketua HPN Kabupaten Lumajang Ma’ruf Nidhomudin dan Kawan Posko NU Peduli di Lumajang menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas bantuan dari HPN Kabupaten Kediri dalam upaya mendukung kebutuhan evakuasi dan sarana operasional di lokasi dapur umum.

“Banyak sembako yang telah diterima, namun bantuan kegiatan pengolahannya sangat terbatas. Saat ini bumbu-bumbu dan kebutuhan dapur sangat dibutuhkan masyarakat dalam mengolah pangan. Bantuan dari HPN Kabupaten Kediri kami manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut,” katanya.

Senada, Ketua Posko Relawan Gus Muhaimin Anang Ahmad Syaifudin menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dari HPN Kabupaten Kediri tersebut.

“Bantuan ini kata Anang sangat tepat sasaran karena sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Menurutnya, bantuan tersebut dapat menunjang pemerintah daerah dalam proses evakuasi masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru ,” pungkasnya. (Wahyudi)

Tinggalkan Balasan