LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

Jum’at, 3 Desember 2021, Jam 09.00 WIB
Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.
Semuel Abrijani Pangarepan, B.Sc., sebagai Direktur Jendral Aplikasi Informatika menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar SOPAN DAN BERADAB DI MEDIA SOSIAL yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.
Junaidi, M.Pd., menjelaskan penggunaan internet secara bijak dan sesuai dengan etika atau norma yang berlaku untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari kemungkinan bahaya atau resiko di dunia maya dan nyata. Berinternet sehat, dengan cara tunjukan perilaku yang baik di dunia maya, jauhi cyberbullying, pikir dahulu sebelum mengirim dan mengunggah sesuatu, tidak membagikan informasi pribadi secara detail, tidak menggunakan wifi publik, buat password yang kuat dan ganti secara berkala, serta jangan membuka situs yang tidak dipercaya dan berbahaya. Irham Azmi, S.Pd.I., menjelaskan upaya untuk mempertahankan nilai-nilai seni budaya baik secara tradisional, ataupun mengembangkannya dengan perwujudan yang lebih dinamis adalah dengan melestarikan kebudayaan. Kebudayaan tidak dapat dipertahankan saja, masyarakat harus berusaha merubah dan memajukan, oleh karena kebudayan sebagai kultur, sebagai barang yang tumbuh, dapat hilang dan bisa maju.
Dori Astra Wijaya, menjelaskan tren digital yang dapat dijadikan peluang, meliputi konten kreator, software engineering, social media specialist, serta SEO specialist. Novi Yansha, menjelaskan menggunakan media sosial yang positif dan kreatif, dengan cara temukan tujuan menggunakan media sosial, ikuti akun dengan tujuan bermain media sosial, manfaatkan tools yang menunjang kreatif di media sosial, serta kolaborasi. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Nelly Carey sebagai Influencer dan Vokalis yang memberikan sharing session, mengenai pentingnya sopan dan beradab di media sosial agar tidak menjadi korban bahkan pelaku kekerasan di media sosial. Gunakan media sosial secara sehat, positif, dan kreatif bagi diri sendiri serta orang lain.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang