HUKUM

Aset Disbudpar Lumajang Disita Polisi Usai Pesta Ganja Vespa

BintangEmpat.com – Dibalik penggerebegan yang dilakukan Opsnal Satresnarkoba Polres Lumjang saat terjadi pesta miras dan ganja dalam acara Universary komunitas Vespa di wisata hutan Bambu Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro, Selasa (20/4/2022) lalu, ternyata sebagian alat musik semisal Drum, disebut-sebut adalah aset milik dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lumajang.

Hal tersebut dibenarkan oleh AKP. Ernowo, SH., Kasat Resnarkoba Polres Lumajang, Ia mengatakan awal penggerebegan tersebut dilakukan setelah dirinya mendapat informasi dari masyarakat, yang selanjutnya Ernowo memerintahkan anak buahnya melakukan croscek kebenaran informasi tersebut, setelah dirasa data akurat barulah Opsnal Satresnarkoba Polres Lumjanga melakukan penggerebekan.

“Sekitar usai sholat tarawih, para komunitas vespa tersebut sudah mulai menyalakan musik dan berjikrak-jikrak, sembari minum-minuman keras dan hisap ganja”,Ujar Ernowo.

Gubernur Khofifah Pastikan Stok dan Suplai Bahan Pangan di Jatim Aman Jelang Lebaran

 

Tak kurang dari 70 an orang diamankan guna menjalani pemeriksaan dari pihak penyidik, sehingga barulah sekitar 11 orang ditetapkan sebagai tersangka atas kepemilikan Narkotika jenis ganja.

“Kita tetapkan sebelas orang sebagai Tersangka atas kepemilikan ganja, selebihnya kita lepaskan, dan sejumlah bukti masih kita amankan semisal kendaraan dan alat musik”,Tandasnya.

Meski membenarkan bahwa alat musik yang diamankan adalah aset dari Disbudpar, namun beliau enggan menjelaskan secara mendalam.

“Silahkan bertanya langsung ke Dinas terkait”,Pungkasnya singkat.

Sementara Yuli Haris, selaku Kepala Disbudpar Lumajang, saat dikonfirmasi melalui telepon genggamnya prihal aset Dispudpar yang diamankan pihak kepolisian sebagai barang bukti terjadinya pesta ganja yang dilakukan comunitas vespa dihutan bambu Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro, dengan singkat langsung mengatakan sedang rapat.

“WA saja pak, saya sedang rapat”,Kilahnya. Senin (25/4/2022).

Setelah dihubungi dengan pesan singkat Whattshapnya (WA), ternyata hanya dibuka dan di baca saja namun enggan merespon.

Perlu diketahui 3 hari sebelum penggerebegan pesta ganja komunitas Vespa, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mendeklrasikan rumah bersama Scooterist Lumajang “Vespa Lumajang Comunity”, di wisata pemandian alam selokambang.

*Bi