BERITA TERBARUHUKUM

Pengadaan Bibit CDK Lumajang, 2,5 Milyar Dipertanyakan?

Ket foto : Ahmad Yani KCDK Lumajang (doc)

Lumajang,Bintang Empat.Com
Pengadaan bibit tanaman kuhutanan dan dibawah tegakan dari satuan kerja Dinas Kehutanan, Cabang Dinas Kehutanan Lumajang provinsi Jawa timur, dengan sumber anggaran DAK APBD Provinsi Jatim tahun 2022, senilai 2,5 Milyar, adapun lokasi pekerjaan Kabupaten Probolinggo – Kabupaten Lumajang, namun sampai saat ini penanaman bibit tersebut tidak ditemukan diwilayah kabupaten Lumajang.

Ahmad Yani Kepala CDK Lumajang, Provinsi Jawa timur saat dikonfirmasi lewat telephone genggamnya membenarkan pengadaan bibit tersebut tidak diperuntukkan di kabupaten Lumajang, melainkan dikabupaten Pasuruan sampai Kabupaten Probolinggo, meskipun dalam aplikasi tender LPSE menjelaskan lokasi pekerjaan Kabupaten Probolinggo – Kabupaten Lumajang, Selasa (12/3/2023).

“Itu pekerjaan bukan untuk kabupaten Lumajang, tapi untuk wilayah Kabupaten Probolinggo – Kabupaten Pasuruan.”Ujar Ahmad Yani.

Baca juga : Anak Ketua APRI Lumajang, Digrebeg Polres, Diduga Soal Tambang ‘Illegal’

Meski dijelaskan lokasi pekerjaan dalam aplikasi tender LPSE di Kabupaten Probolinggo – Kabupaten Lumajang, tapi Ahmad Yani tetap bersikukuh bahwa lokasi pekerjaannya di lokasi Kabupaten Probolinggo – Kabupaten Pasuruan.

“Kalau di Lumajang itu kantornya, tapi kalau lokasi pekerjaannya di kabupaten Probolinggo – Kabupaten Pasuruan”,Terangnya.

Akhir tahun 2022 sampai awal tahun 2023, sejumlah LMDH dikabupaten Lumajang mendapat bantuan Bibit Alpukat dan Kaliandra, namun itu diakui adalah bantuan dari BPDAS, dan Ahmad Yani mengakui itu bukan bantuan dari CDK.

“Kalau bantuan bibit Alpukat dan Kaliandra itu bukan dari CDK tapi dari BPDAS”,Tegasnya.

Baca juga : Penyalahgunaan Wewenang Jabatan ‘Rawan’ Korupsi, Fasilitas Buper Dipertanyakan

Diketahui tender pengadaan bibit Tanaman Kehutanan dan Bawah Tegakan (DAK CDK Wilayah Lumajang) dimenangkan oleh CV.MA’RIFAH BALQIS alamat Dusun Bunot Tongas Kulon RT 018 RW 006 Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo, Jatim, dengan penandatanganan kontrak tanggal 27 Juni 2022 lalu.(bas/tim)