BERITA TERBARURAGAMSOSIAL

Unair Dan Senyum Desa Indonesia Sukses Gelar Pengabdian Masyarakat Di Sambong

BintangEmpat.com – Universitas Airlangga telah menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat bertempat di Desa Sambong, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan. Bertemakan “Peningkatan Keterampilan Deteksi Batu Saluran Kemih Dan Personal Higiene Air Sumur Sebagai Sumber Air Minum Dan Masak, Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesadaran dan pemahaman pada masyarakat sekitar terhadap pentingnya menjaga kesehatan dan menjaga ke higenisan air, Pada Selasa (18/06/2024).

Kegiatan dilakukan dengan rentetan acara berupa sosialisasi tentang deteksi saluran kemih, tes urine, pembagian sembako dan pengambilan sampel air .

Pada Kegiatan ini, dihadiri oleh beberapa tamu undangan yakni dr. Satriyo Dwi Suryantoro, Sp.PD., K-GH., FINASIM selaku ketua pengabdian masyarakat universitas airlangga, , Dr. Faizal Kurniawan S.H., M.H., LLM dan Pradana Zaky Romadhon, dr., Sp.PD, Abdul Rozak S.H ., M.H. Ketua Umum yayasan senyum Desa Indonesia, Kepala Desa Sambong Agus Riyanto, S.Pd serta 50 Masyarakat Desa Sambong. Pada pelaksanaannya acara ini bekerja sama dengan beberapa pihak diantaranya Senyum Desa Indonesia, Karang Taruna Setyabekti, Dan Penggiat Lingkungan Desa Sambong.

Baca Juga: Ulama NU Dihina, Pemilik Akun YouTube Benteng Nusantara Akan Dituntut

Acara dibuka pada pukul 08.00 bertempat di Balai Desa Sambong dengan sambutan yang disampaikan oleh ketua pengabdian masyarakat, dr. Satriyo Dwi Suryantoro, Sp.PD., K-GH., FINASIM,.” Tidak lain dan tidak bukan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk untuk kemudian terus melakukan hal-hal kebaikan Dengan harapan dapat memberikan kebermanfaatan terhadap sekitar serta bentuk kontribusi kecil kepada masyarakat. Selain itu, acara ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian terhadap agama, bangsa dan Negara.

Sambutan kedua disampaikan oleh Kepala Desa Sambong Agus Riyanto, S.Pd. Pada sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih atas diadakannya kegiatan ini.

Baca Juga: Ormas BNPM Membantu Dana Untuk Korban Banjir Di Wilayah Bangkalan Dan Sampang 

“kami sangat terbuka dan berterima kasih karena Desa Sambong telah menjadi tempat untuk pengabdian masyarakat ini, semoga acara ini sangat dapat memberikan manfaat terhadap masyarakat di Desa Sambong” ucap kepala Desa Sambong.

Setelah disampaikannya sambuatan, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian paket sembako dan penyampaian sosialisasi oleh dr. Satriyo Dwi Suryantoro, Sp.PD., K-GH., FINASIM.

Baca Juga: “Gelar Aksi Damai” Organisasi Wartawan Lumajang Tolak RUU Penyiaran

Serangkaian acara terlaksana dengan lancar dan mendapat sambutan baik dari masyarakat. Acara kemudian ditutup dengan pengambilan sampel air bersama aktivis lingkungan Desa Sambong di beberapa mata air, Salah satunya di sumur dengan kedalaman 125 meter yang berada di Dusun Sengon, dimana sumur tersebut memiliki kualitas air yang buruk dikarenakan berwarna keruh dan terdapat kandungan kapur.